Technologue.id, Jakarta – Bencana gempa bumi yang megguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/09/2018) membuat beberapa pihak panik, terlebih bagi masyarakat yang kebetulan memiliki sanak saudara yang bermukim atau kebetulan sedang berada di wilayah tersebut.

Baca juga:

Pertama di Indonesia, Telkomsel Pamerkan Mobil Otonom Berteknologi 5G

Setelah fiber optik dan pasokan daya listrik di kawasan tersebut terputus, Telkomsel menyatakan bahwa hari ini (29/09/2018) layanan komunikasi SMS dan suara mereka berangsur pulih. Kendati demikian, hal ini tidak akan membuat anak perusahaan Telkom Group itu berhenti melakukan perbaikan.

“Telkom Group dan Telkomsel berupaya maksimal untuk mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di Palu dengan membawa mobile power sebagai perangkat penunjang catuan listrik untuk keperluan proses recovery infrastruktur jaringan komunikasi,” tegas GM External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin.

Baca juga:

Sambil Pulihkan Jaringan, Telkomsel Salurkan Bantuan ke Lombok Lagi

Kepada redaksi (29/09/2018), Denny turut menyampaikan belasungkawa terhadap korban di bencana ini dan permohonan maafnya mewakili Telkomsel apabila layanannya tidak maksimal.

“Saat ini pun kami tengah mengirimkan tim unit siaga bencana, tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari kota terdekat untuk segera membantu pendirian posko darurat serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi,” tutup Denny.

Baca juga:

Telkomsel Rilis Kartu Perdana untuk Wisman, Sinyal Kencang di Spot Wisata

Berkaca dari tragedi gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, belum lama ini, pemulihan jaringan telekomunikasi memang tak bisa diselesaikan dalam sehari, walaupun itu telah dipercepat dan diakselerasi oleh beragam stakeholder. Telkomsel sendiri hingga tanggal 12 September kemarin bahkan masih terus melakukan pemulihan jaringan sambil menyalurkan bantuan lagi.