Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pebisnis Miliki Minat Tinggi Untuk Ekspansi Ke Luar Negeri
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Deel merilis laporan Global Expansion and Hiring Research untuk memahami tantangan yang dihadapi oleh bisnis yang beroperasi di Indonesia saat merencanakan ekspansi ke pasar luar negeri.

Penelitian yang dilakukan bersama Rakuten Insight ini mewawancarai 900 pelaku bisnis yang berasal dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia dengan masing-masing 300 pelaku bisnis dari setiap negara.

Penelitian ini mengkaji minat para pelaku bisnis untuk melakukan ekspansi di luar pasar domestik, tantangan yang dihadapi, dan strategi rekrutmen selama ekspansi.

Baca Juga:
Deel Luncurkan Asisten Kerja Global Bertenaga AI

Dari laporan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan di Indonesia memiliki minat yang tinggi untuk ekspansi ke luar negeri dan telah mengalokasikan sumber daya yang signifikan dalam proses tersebut, bersamaan dengan semakin pentingnya perkembangan SDM yang berkualitas.

Salah satu temuan menunjukkan bahwa perusahaan di Indonesia memiliki minat yang tinggi untuk ekspansi ke pasar luar negeri dan telah mengalokasikan sumber daya yang signifikan dalam proses tersebut, bersamaan dengan semakin pentingnya perkembangan SDM yang berkualitas.

“Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang cukup solid, kami melihat bahwa bisnis di Indonesia meningkatkan investasi mereka pada proses SDM serta pengembangan keterampilan dan pelatihan untuk tim lokal dan internasional guna menciptakan tenaga ahli lokal dengan pola pikir global,” ucap Agustina Samara, Deputy Head of the HR Training and Development Department, Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia (PMSM) Indonesia dan Chief People and Corporate Strategy, DANA.

Namun ternyata 44% dari responden menyatakan kesulitan mencari tenaga kerja yang sesuai, selain faktor hambatan biaya dan sulitnya pengelolaan karyawan jarak jauh, terdapat juga beberapa tantangan yang dihadapi perusahaan Indonesia seperti bisnis di Indonesia tidak mempekerjakan tenaga lokal di pasar internasional mereka.

Baca Juga:
Resmi Beroperasi di Indonesia, Deel Menyederhanakan HR untuk Tim Global

Alasannya mulai dari biaya, kesulitan mencari tenaga kerja yang sesuai, hingga sulitnya mengelola karyawan jarak jauh.

Meski memiliki kesulitan, tercatat 91% pelaku bisnis di Singapura, Malaysia, dan Indonesia telah merencanakan ekspansi ke pasar potensial baru dalam lima tahun ke depan.

Dimana sebanyak 77% perusahaan di Indonesia saat ini sudah melakukan operasi di luar pasar domestik setidaknya di satu negara.

SHARE:

Mobil Balap Toyota All New Agya GR Sport Raih Podium Pertama di ISSOM 2024

Waspada Penjahat Siber Susupi Robot Toy untuk Komunikasi dengan Anak