Technologue.id, Jakarta – Telkomsel TCash berniat memperluas jangkauan uang elektronik. Tak cuma menjaring merchant untuk food and beverages saja, TCash juga menjalin kerja sama di luar segmen tersebut. Salah satunya di bidang transportasi publik.

Setelah integrasi layanan pembayaran dengan My Blue Bird, saat ini perusahaan tengah melakukan penjajakan dengan penyedia transportasi massal seperti TransJakarta dan Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Baca juga:

Baru! Bayar Taksi Blue Bird Bisa Pakai TCash

Untuk TransJakarta (TJ), TCash sedang berdiskusi dengan tim TJ agar penggunaan QR Code bisa terealisasi. Karena bukan lagi menggunakan kartu elektronik seperti pada umumnya, maka dibutuhkan perubahan infrastruktur di pihak TransJakarta untuk penggunaan QR Code.

- Advertisement -

“Nah yang ini sedang kita diskusikan dengan manajeman TransJakarta dan IT integrator-nya. Seperti apa nanti gerbangnya kan kalau sekarang masih pake sistem tap,” terang Danu Wicaksana, CEO TCash, usai mengisi acara pengumuman kerja sama strategi dengan Blue Bird, di Jakarta, Kamis (02/08/2018).

Baca juga:

Ini Pilihan Paket Haji #RoamingReady dari Telkomsel

Sedangkan untuk pemanfaatan TCash di KCI, layanan digital payment ini sedang menunggu fase stabil sistem di KCI usai perpidahan sistem beberapa hari lalu.

“Setelah stabil, mungkin pihak KCI akan membuka penggunaan QR. Karena butuh alat juga yang kita sebut QR scanner. Jadi, nanti pelanggan tinggal buka aplikasi dari smartphone, lalu tunjukkan QR dan langsung bisa masuk,” imbuhnya.

Segala kemungkinan penerapan TCash untuk transportasi massal masih dalam proses, salah satunya penggunaan PIN. Bila transaksi TCash di bawah Rp10.000, maka bisa dilakukan secara PIN-less. Saat ini, perusahaan sedang mengajukan izin penggunaan tanpa PIN ini kepada pihak Bank Indonesia.

Baca juga:

Belajar di Ruangguru, Telkomsel Loop Sediakan Paket Kuota Rp25 Ribu Sebulan

Dia mengatakan, saat ini total pengguna TCash sudah mencapai 22 juta pelanggan dan ditargetkan sampai akhir tahun akan mencapai 40 juta pelanggan. Oleh karena itu, untuk melayani beragam kebutuhan perusahaan berencana untuk bisa mengembangkan hingga ke ranah transportasi massal.

“TCash itu salah satu yang terbesar di industri digital payment, untuk jadi lebih besar, ya kami coba untuk menjaring user dan penggunaan untuk transportasi,” lanjutnya.

Saat ini, TCash sudah bisa digunakan untuk pembayaran non-tunai di kereta api bandara Railink Jakarta dan Medan, serta armada TransSemarang.