Penasaran Email Anda Sudah Dibaca Atau Belum? Pakai Cara Ini!

Ilustrasi Gmail (source: Wired)

Technologue.id, Jakarta – Semenjak BlackBerry Messenger, sekarang pengguna internet bisa makin cemas atau lega. Ya, berkat aplikasi instant messenger seperti BBM, WhatsApp, dan Facebook Messenger, kini Anda dapat mengetahui apakah chat yang Anda kirimkan pada orang lain sudah dibaca atau belum, andaikata lama tak kunjung dibalas.

Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk metode komunikasi digital lain, contohnya SMS dan email. Padahal, email kerap digunakan untuk mengomunikasikan sesuatu yang sifatnya penting atau membutuhkan konfirmasi secepatnya. Alhasil, biasanya pasca mengirimkan email penting itu, Anda harus menotifikasi user yang dituju melalui chat, SMS, hingga telepon, supaya yang bersangkutan bisa segera membuka dan meresponsnya.

Wajar, layanan email kenamaan seperti Gmail memang belum punya fitur “seen” secara default. Namun jangan khawatir, dengan sedikit bantuan dari pihak ketiga, yaitu Doubletick, Anda bisa mengetahui apakah email yang Anda kirimkan sudah dibaca atau belum. Begini caranya:

1. Karena Doubletick adalah ekstensi Chrome, maka Anda harus menggunakan browser Google Chrome di desktop atau PC untuk menikmati fiturnya. Install dulu ekstensinya melalui link berikut.

2. Buatlah akun gratis dulu di Doubletick, dengan cara sign in ke akun Google Anda. Setelah berhasil terdaftar, klik tombol “Open Gmail” untuk mulai memakai fitur dari Doubletick ini.

3. Tanda bahwa Doubletick sudah terpasang dengan benar di Gmail Anda adalah tiap Anda membuat email baru, akan muncul footnote bertuliskan “Sent via Doubletick” secara default. Ada juga toggle di bawah yang menandakan bahwa pelacakan terhadap email yang bakal dikirimkan dibubuhi tracker dari Doubletick.

Sayang, footnote tersebut baru boleh dihilangkan ketika Anda meng-upgrade ke layanan pro alias harus membayar sebesar Rp320.000 per tahunnya.

4. Nah, nantinya ketika email tersebut telah terkirim dan belum dibuka, dobel centangnya akan berwarna hitam. Baru berubah menjadi warna biru ketika sudah dibaca.

Menariknya, Doubletick juga bersedia memberi tahu Anda apabila email tadi sudah dibaca lewat pop-up notification.

Perlu dicatat, penerima email Anda tak perlu meng-install Doubletick juga untuk membuat tracker Anda bekerja.

Jadi, begitulah kegunaan dari Doubletick. Walau begitu, pahamilah bahwa fitur ini juga bisa mengusik privasi orang lain, karena Anda mengirim mata-mata secara tidak langsung. Baiknya, pertimbangkan dulu sebelum mengirim email apakah Doubletick perlu diaktifkan.

 

Baca juga:

Cegah Spam di Gmail, Google Sempurnakan Machine Learning

Selain Kirim Email, Gmail Sudah Bisa Kirim Uang!

Demi Keamanan, Gmail Setop Dukungan Terhadap Javascript