Pencinta Alam Manfaatkan Drone Berotak Intel untuk Riset

Technologue.id, Jakarta – Hadirnya fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada drone membuat perangkat tersebut memiliki fungsi yang lebih bermanfaat, salah satunya adalah untuk keperluan pengambilan sampel data.

Mengutip dari NextPowerUp (04/10/17), beberapa tim pecinta alam dilaporkan tengah memanfaatkan sebuah drone yang di dalamnya tertanam chipset Intel. Dengan adanya teknologi AI pada chipset tersebut, mereka memanfaatkannya untuk riset berdasarkan data yang ditangkap oleh drone.

Baca juga:

Aplikasi Opera Mini Kini Ada Artificial Intelligence-nya, Apa Gunanya?

Pada hari margasatwa sedunia atau World Animal Day, Intel sendiri sempat mengatakan bahwa ada dua tim ekspedisi pencinta alam yang memanfaatkan drone buatannya bernama Falcon 8+.

Baca juga:

Antara Go-Jek, Grab, dan Uber, Mana Favorit Pengguna Android Indonesia?

“AI mampu membantu kami untuk menyelesaikan berbagai hal yang biasanya sangat sulit dan menakutkan bagi para pecinta alam, salah satunya adalah menjangkau wilayah yang sulit,” kata Naveen Rao, Vice President and General Manager Intel.

Baca juga:

Microsoft Berhasil Ciptakan Sistem Artificial Intelligence Super Cepat

Bagi para pecinta alam dan fotografer, sejumlah drone yang digunakan untuk riset sendiri diposisikan sebagai alternatif pengganti dari helikopter maupun perahu karena bisa menjangkau wilayah yang terpencil sekali pun.