Technologue.id, Jakarta –  Google telah meluncurkan sistem operasi terbarunya yakni Android 8.0 Oreo di bulan Agustus lalu. Sebulan setelah diluncurkan sistem operasi terbaru Google ini belum mengalami pertumbuhan yang signifikan. Sayangnya, untuk distribusi Android 8.0 Oreo terbilang lambat hingga bulan November ini.

Dilansir GSMArena (19/11/2017), pendistribusian Android 8.0 Oreo mengalami pertumbuhan sebesar 0,3 % di bulan November 2017 ini. Sebelumnya di bulan Oktober lalu pendistribusian Android 8.0 Oreo mengalami peningkatan sebesar 0,2%.Nampaknya hal ini dikarenakan sejumlah smartphone belum mendapatkan update dari Android 8.0 Oreo.

Baca juga:

Wah, Unik Sekali Fitur Baru Android Oreo Ini!

Nexus, Pixel, dan Sony menjadi perangkat yang beruntung update sistem operasi Android 8.0 Oreo. Namun keterbatasan jumlah perangkat Nexus, Pixel, dan Sony yang beredar di pasaran membuat sistem operasi terbaru Google ini mengalami penurunan. Berbanding terbalik dengan sistem operasi pendahulunya yakni Android 7.0 Nougat yang masih menjadi favorit bagi para penggunanya.

Baca juga:

Kapan Smartphone Samsung Kebagian Android Oreo?

Terhitung hingga bulan November ini pengguna Android 7.0 Nougat mencapai 20,6%. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 17,8% dari bulan Oktober lalu. Meskipun telah kehilangan daya tarik, Marshmallow masih menjadi sistem operasi Android yang paling banyak digunakan saat ini dengan pangsa pasar sebesar 30,9%.

Baca juga:

Android Oreo Sambangi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

Diikuti dengan pangsa pasar Lollipop mencapai 27,2%, hingga bulan November ini. Sementara KitKat menjadi sistem operasi tertua yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar yakni 13,8%. Sedangkan sistem operasi lainnya jika digabungkan mencapai pangsa pasar 7,2%.