Technologue.id, Jakarta – Genjotan dapur pacu di smartphone terbaru Oppo Reno 10x Zoom tidak main-main. Dibekali chipset gahar Snapdragon 855, Oppo Reno varian 10X Zoom Edition ini menawarkan performa prima namun irit daya.

“Kalau ngomongin performance, kita tidak lepas dari prosesor yang diusung oleh Oppo Reno ini yaitu Qualcomm Snapdragon 855. Fitur-fiturnya ada DDR4 untuk memori, menggunakan Type-C 3.0, dan dual channel flash memory. Efisiensi terasa sekali sehingga performa bisa naik 45 persen dibanding dengan perangkat yang memakai Snapdragon 845,” kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, saat jumpa media, di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Baca Juga:
Dua Varian Oppo Reno Dipastikan Hadir di Indonesia

Soal segmen chipset itu sendiri, Snapdragon 855 merupakan mobile platform paling tinggi di kelasnya untuk dipasang di ponsel kelas premium, terutama yang akan menawarkan jaringan 5G.

- Advertisement -

Dominikus Susanto, Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia mengatakan, Snapdragon 855 menggunakan teknologi 7nm, juga terdapat Kryo 485 CPU yang tak hanya membuat kinerjanya bertambah, tapi juga peningkatan grafis hingga 20 persen.

Apalagi, Snapdragon 855 juga dikolaborasikan dengan Adreno 640, sehingga sangat cocok digunakan bermain game berat karena memiliki fitur Vulkan 1.1. Perangkat ini juga menghadirkan computer vision image signal processor (CV-ISP).

“Sebelumnya saat memotret, antara ISP akan berkomunikasi dengan Artificial Intelligence (AI), namun kini kemampuan itu dimasukkan ke dalam ISP, sehingga proses pengambilan foto lebih cepat, jadi irit baterai,” tutur Susanto, sapaan akrabnya.

Baca Juga:
Oppo Beberkan Kemampuan Kamera Reno 10x Zoom

Kinerja hardware turut ditunjang oleh VOOC 3.0, di mana kecepatannya akan naik 20 persen dari perangkat dengan generasi sebelumnya yang daya baterainya 4.000 mAh.

“Untuk mengisi penuh, biasanya membutuhkan waktu 110 menit. Tapi sekarang bisa 80 menit,” kata Aryo.

Oppo Reno 10X Zoom Edition juga menggunakan Color OS 6.0 yang disandingkan dengan Android 9.0 Pie. Kecepatannya meningkat 45 persen dibanding Color OS 5.2. Sistem ini diklaim Aryo membawa antarmuka yang lebih sederhana dan lebih bersih karena desainnya yang lebih profesional.

Oppo Reno (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Untuk memenuhi hasrat bermain game, Oppo Reno 10x Zoom mengandalkan fitur Hyper Boost yang kini hadir dengan peningkatan signifikan ketimbang versi sebelumnya seperti di Find X. Hyper Boost 2.0 memiliki tiga fitur, yaitu Game Boost, Touch Boost dan Frame Boost. Fungsinya untuk mempercepat respon ketika memencet layar dan berhubungan dengan frame per second.

“Fitur-fitur ini menyebabkan respons dari sentuhan jauh lebih cepat, tidak lag, dan jauh lebih stabil,” klaimnya.