Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pertama Kalinya Oppo Gusur Huawei Jadi Brand Smartphone No 1
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pasar smartphone China menyambut 'raja' baru. Setelah dihuni bertahun-tahun oleh Huawei, saat ini peringkat teratas pasar smartphone Tiongkok ditempati oleh Oppo. Menurut laporan Counterpoint Research, Oppo menjadi produsen smartphone terbesar di China untuk pertama kalinya.

Counterpoint mengatakan dalam keterangan resminya, Jumat (3/3/2021), pencapaian ini didorong oleh dua faktor yaitu kebangkitan Oppo dan penurunan bisnis smartphone Huawei.

Pada Januari ini, Oppo telah merebut 21% pangsa pasar China, sehingga menempatkannya di posisi puncak. Berada di belakang saudara sejawatnya, Vivo dan Huawei saling 'sikut' karena sama-sama memperoleh 20%. Lalu diikuti Apple dan Xiaomi, yang masing-masing memiliki pangsa pasar 16%.

Baca Juga:
OPPO Pamerkan Teknologi 5G Futuristik dan Flash Charging Terbarunya

Di bawah ini adalah timeline perkembangan Oppo. Pangsa pasarnya pada bulan Januari meningkat 33% dibandingkan dengan Desember dan 26% dibandingkan dengan Januari 2020. Smartphone 5G besutan perusahaan, dikatakan Counterpoint, sebagai pendorong utama pertumbuhan.

Mengomentari prestasi Oppo, Varun Mishra, Analis Senior di Counterpoint Research mencatat, "OPPO telah berhasil mengubah posisi lini produknya pada tahun 2020. Perubahan merek seri Reno dan meluncurkan perangkat yang lebih mumpuni dengan harga yang lebih rendah dari pendahulunya membantu Oppo menangkap segmen premium yang terjangkau. Momentum yang kuat dari seri A di segmen menengah memperkuat portofolio produk Oppo dan mampu memenuhi permintaan 5G di China dengan rentang harga yang lebar. Ini semakin terbantu oleh penurunan Huawei."

Sebagai informasi, smartphone 5G menyumbang 65% dari semua unit yang terjual di China selama kuartal terakhir tahun 2020. Ini juga menjelaskan kesengsaraan Huawei.

Huawei dapat dengan mudah memproduksi smartphone 4G, namun sebaliknya, untuk ponsel 5G harus bergantung pada chip yang ditimbunnya sebelum pembatasan perdagangan diberlakukan. Jadi, Huawei telah mengalihkan fokusnya ke pasar premium di mana margin keuntungan lebih tinggi meski volume penjualan lebih rendah.

Baca Juga:
Bocoran Ponsel OPPO Terbaru, Kamera Serupa iPhone

Oppo mampu merebut pangsa pasar melalui seri Reno yang fokus mengisi kelas menengah dan seri A yang terjangkau. Keduanya memiliki model 5G pada berbagai titik harga.

Penurunan Huawei juga bermanfaat bagi Xiaomi. Menariknya, Xiaomi menggerogoti bisnis online Huawei, Oppo dan vivo mengicar penjualan offline.

SHARE:

Boston Dynamics Pamer Robot Humanoid Atlas Baru Bertenaga Listrik

Google Maps Dapat Peningkatan, Bisa Cari Lokasi SPKLU