Technologue.id, Jakarta – Meski belum usai, perang dagang antara AS dengan Tiongkok kini sudah mulai mereda. Ke depannya, para pemasok komponen asal AS untuk Huawei sudah diperbolehkan untuk bertransaksi kembali.

Baca Juga:
Trump Berencana Cabut Sanksi Huawei?

Mengutip dari GSMArena (15/07/19), baru-baru ini beredar kabar dari sebuah lembaga resmi di AS yang mengatakan bahwa pemerintah AS sudah siap untuk menyetujui lisensi bagi para perusahaan yang ingin melanjutkan perdagangan komponen dengan Huawei.

Lebih lanjut, persetujuan lisensi dagang tersebut akan membutuhkan proses sekitar 2-4 minggu ke depan. Setelah seluruh prosesnya selesai, berbagai perusahaan di AS pun bakal bisa kembali menyetok komponen untuk Huawei seperti sedia kala.

Baca Juga:
Sanksi Larangan Trump Melonggar, Saham Supplier Huawei Meroket

Hingga saat ini belum diketahui detail dari lisensi dagang tersebut. Meski begitu, persyaratan utama persetujuan dari lisensi itu tidaklah sulit, yakni semua komponen yang diperdagangkan tidak menimbulkan masalah di negara lain dan tidak menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional.

Sebelumnya, ‘angin segar’ itu sudah mulai terasa setelah Presiden AS, Trump mengumumkan hasil pertemuannya dengan Presiden Tiongkok pada perhelatan G-20 yang digelar Juni 2019 lalu. Melalui pertemuan itu, Trump mengizinkan perusaahan AS untuk melanjutkan hubungan bisnis mereka dengan Huawei.