Technologue.id, Jakarta – TCL Communication, pemegang lisensi terbesar untuk merancang dan menjual ponsel BlackBerry akan menghentikan penjualan akhir Agustus mendatang. Pengumuman itu disampaikan lewat akun Twitter milik BlackBerry Mobile.

Dalam cuitannya, BlackBerry mengatakan, “Kami menyesal harus mengabarkan pada tanggal 31 Agustus 2020, TCL Communication tidak lagi akan menjual perangkat seluler bermerek BlackBerry. TCL Communication tidak memiliki hak lebih lanjut untuk merancang, membuat, atau menjual perangkat seluler BlackBerry baru apa pun.”

Baca Juga:
Apple Produksi 6 Juta Unit iPhone 9 Dijual Maret, Ini Bocoran Harganya

Meskipun begitu, BlackBerry menyebut bahwa TCL Communication akan terus memberikan dukungan untuk ponsel yang masih beroperasi termasuk layanan pelanggan dan garansi hingga 31 Agustus 2022 mendatang. Akan tetapi tidak disebutkan terkait pembaruan sistem operasi.

Untuk diketahui, Kerja sama yang dijalin antara BlackBerry dan TCL Communication sejak 2016 lalu bermula saat BlackBerry memutuskan untuk berhenti membuat ponsel sendiri. Kesepakatan lisensi terbesar kemudian dipegang oleh TCLDesember 2016 memiliki hak hampir global untuk merancang dan menjual ponsel bermerek BlackBerry.

Baca Juga:
Peluncuran di Depan Mata, Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Flip

Dilansir dari The Verge pada Selasa (4/1/2020), tanpa kehadiran TCL Communication untuk membuat ponsel baru ada kemungkinan merek BlackBerry akan menghilang sejenak. Pasalnya, BlackBerry sendiri belum memberikan informasi terkait apakah BlackBerry akan mencari mitra manufaktur lain atau mulai membuat ponsel sendiri.

Diprediksi langkah yang lebih besar justru akan dilakukan oleh TCL Communication, yang mana perusahaan ini akan membangun mereknya sendiri. Meninggalkan BlackBerry mungkin akan memberikan lebih banyak waktu untuk berfokus pada perangkatnya sendiri.