Technologue.id, Jakarta – PlayStation 2 bisa dibilang sebagai karya masterpiece Sony. Salah satu buktinya adalah tingginya penjualan console tersebut yang melebihi 150 juta unit di seluruh dunia. Bahkan, PS2 yang dilempar ke pasar pertama kali Maret tahun 2000 silam berhasil menjadi console pertama yang bisa laku 100 juta unit dalam lima tahun saja.

Baca juga:

Sony Luncurkan Produk Baru ke Indonesia, Smartphone?

Namun, ada kans rekor tersebut segera terpecahkan. Pasalnya, Sony menyatakan secara resmi pada redaksi (08/12/2017) bahwa pihaknya sukses melego 70,6 juta unit PlayStation 4 sedunia sampai awal bulan ini. Pada di titik penjualan ini, PS4 butuh waktu empat tahun. Jika penjualannya konsisten, bisa jadi tak sampai November tahun depan PS4 bisa melewati PS2.

Baca juga:

Sony Bangkitkan Lagi Robot Anjing Pintar nan Lucunya

Andrew House, Chairman Sony Interactive Entertainment, sampai mengemukakan, “Terima kasih saya untuk para fans dan partner tak akan cukup. Berkat dukungan mereka sedari PlayStation pertama rilis di tahun 1994 telah menjadikan PlayStation sebagai jaringan console gaming terbesar di dunia.”

Faktor lain yang bisa memicu lebih larisnya PS4 daripada PS2 adalah adanya perangkat PlayStation VR. Virtual reality headset tersebut kini sudah terjual 2 juta unit pasca dirilis tiga tahun lalu.

PlayStation 4 Berpeluang Pecahkan Rekor PlayStation 2, Ini Sebabnya
PlayStation VR (source: PlayStation.com)

Baca juga:

Berani Pamerkan Kehebatan Anda dalam Main Game di Facebook Messenger?

Lebih dari aksesori tambahan yang khusus diciptakan untuk PS4 itu, tentu saja daya tarik utama PS4 ada pada judul game yang tersedia. Dari pemaparan data Sony, para gamer sudah membeli lebih dari 617 juta copy PS4 game. Angka ini berlaku untuk penjualan game di retail maupun digital download.

Adapun judul game PS4 yang bisa dimainkan dengan PS VR kini mencapai 150 judul. Penjualannya sendiri sudah di atas 12 juta copy.