Technologue.id, Jakarta – Printer nirkabel belakangan jadi komoditas dengan daya tarik tersendiri di pasaran. Soalnya, berdasarkan data dari WeAreSocial di tahun 2017 yang menyatakan bahwa 43 persen orang dewasa di Indonesia telah memiliki ponsel pintar, penetrasi dan penggunaan smartphone di tengah masyarakat makin tinggi. Beragam kebutuhan, termasuk mencetak foto atau dokumen, pun diidamkan bisa langsung dilakukan dari genggaman user.

Memahami kebutuhan ini, Datascrip lantas memboyong printer all-in-one berbasis Bluetooth Low Energy, PIXMA TS307, untuk masyarakat Tanah Air. Distributor tunggal Canon di Indonesia itu mengklaim bahwa printer ini dapat memenuhi kebutuhan banyak orang, dari yang rutinitasnya berkutat dengan urusan mencetak dokumen di kertas biasa, mencetak foto, hingga scanning dan copy.

Baca juga:

Berapa Harga Printer Canon PIXMA TS8170 dan TS5170 Beserta Cartridge-nya?

“Mencetak dokumen maupun foto dari smartphone sudah menjadi hal yang umum saat ini. Canon PIXMA TS307 hadir sebagai printer dengan koneksi nirkabel yang didesain untuk memberikan hasil cetak berkualitas, memindai dan menyalin dengan mengoptimalkan resolusi optik kamera yang ada pada smartphone,” jelas Monica Aryasetiawan, Division Manager of Canon Consumer System Product Div. pt. Datascrip, pada Technologue.id (08/01/2018).

Printer Wireless Rp600 Ribuan Ini Sudah Support Augmented Reality!
Foto ber-augmented reality hasil cetakan Canon PIXMA TS307 (source: YouTube/CanonIndonesia)

Baca juga:

Maudy Ayunda Jadi Saksi Lahirnya Mirrorless Terbaru Canon, EOS M100

Namun, fitur yang paling menarik dari Canon PIXMA TS307 versi redaksi adalah Message in Print. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat foto ber-augmented reality dari rumah dan tanpa ribet. Semisal Anda ingin memberikan kado spesial atau kejutan untuk orang yang Anda cintai di hari ulang tahunnya, cetak saja foto yang bersangkutan lewat printer ini, yang sebelumnya sudah diedit di aplikasi Message in Print (khusus iOS).

Nanti, persilakan dia untuk memindai foto tersebut lewat aplikasi yang sama. Hadiah Anda berupa selembar foto tadi pun akan menjadi konten AR yang berkesan di hari spesialnya. Pesan personal AR yang didukung sendiri tak hanya teks atau animasi, tetapi juga musik dan video.

Baca juga:

Ayo Hidup Lebih Seru dengan Printer Foto Portabel Canon, SELPHY CP1300!

Soal harga, per unit PIXMA TS307 dilepas di Indonesia seharga Rp687.500. Cartridge standarnya, yaitu PG-745S untuk tinta hitam dan CL-745S untuk warna, diproyeksikan bisa mencetak hingga 100 halaman. Harga masing-masingnya sendiri Rp107.800 (PG-745S) dan Rp167.200 (CL-745S).