Qualcomm Umumkan Smartphone Android, Namanya Snapdragon

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Qualcomm memperkenalkan smartphone Android pertamanya yang bernama Smartphone for Snapdragon Insiders.

Nama smartphone Android pertamanya tersebut diambil dari komunitas online penggemar perusahaan yang dijuluki ‘Snapdragon Insiders’.

Dilansir dari Engadget (8/7/2021), Qualcomm bekerja sama dengan Asus dalam menghadirkan Snapdragon Insiders. Asus menjadi vendor yang dipercaya Qualcomm untuk memberikan desain yang berbeda dengan smartphone Android pada umumnya.

Baca Juga:
Smartphone Gaming Besutan Qualcomm Mejeng di TENAA

Dari segi desain, penempatan kamera selfie dan kamera utama Snapdragon Insiders menjadi pembeda utama perangkat ini dengan ponsel Android lainnya.

Snapdragon Insiders menyematkan kamera depannya di bagian bezel atas, sedangkan kamera utama disusun secara horizontal dan ditempatkan di bagian belakang atas.

Pada bezel atas, ada kamera selfie beresolusi 24MP dan di bagian belakang ada 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 64MP, lensa ultra-wide 12MP, dan lensa telefoto 8MP.

Snapdragon Insiders mengusung layar AMOLED FHD+ dengan resolusi 1080 x 2.448 piksel. Layar tersebut telah mendukung refresh rates 144Hz dan dibalut dengan pelindung kaca Gorilla Glass Victus.

Dari segi dapur pacu, Snapdragon Insiders ditenagai oleh Snapdragon 888 dan dipasangkan dengan konfigurasi RAM 16GB dan penyimpanan internal 512GB.

Selain itu, Snapdragon Insiders juga mendukung sistem operasi terbaru, Android 11.

Baca Juga:
Qualcomm Tak Sematkan Modem 4G/5G di Konsol Barunya

Snapdragon Insiders menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan pengisian Quick Charge 5.0. Manufaktur chipset terbesar di dunia itu mengklaim bahwa baterai Snapdragon Insiders dapat terisi penuh hanya dalam waktu 50 menit.

Fitur lain yang dibawa oleh Snapdragon Insiders meliputi konektivitas 5G, WiFI 6, Bluetooth 5.2, NFC dll.

Menariknya, smartphone ini juga akan dibekali dengan software gaming bernama Qualcomm Elite Gaming. Selain itu Qualcomm mengatakan ini adalah salah satu ponsel pertama yang mendukung Snapdragon Sound.

Smartphone Android pertama Qualcomm ini akan mulai dijual melalui vendor Asus sekitar bulan Agustus mendatang di sejumlah pasar seperti Cina, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan India.

Snapdragon Insiders akan dijual dengan harga US$1.500 atau sekitar Rp 21,7 juta.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories