Technologue.id, Jakarta – Belum ada satu pun smartphone yang bisa menandingi konfigurasi kamera Huawei P20 Pro. Bahkan, sekelas ponsel paling mahal iPhone XS Max.

Kemahiran Apple merakit smartphone dengan sistem kamera hebat memang tidak diragukan. Menjadi seri tertinggi saat ini, iPhone XS Max memiliki konfigurasi kamera yang canggih. Peningkatan performa kamera di iPhone anyar ini bukan cuma dari dari segi hardware, melainkan juga optimalisasi software lewat fitur yang bernama Smart HDR.

Baca juga:

Huawei: Kirin 980 Lebih Baik daripada Chipset Buatan Apple

Bicara performa kamera, sayangnya iPhone XS Max belum bisa menandingi kekuatan Huawei P20 Pro, menurut postingan di situs resmi DxOMark, Rabu (03/10/2018).

- Advertisement -

Setidaknya itulah yang terjadi dalam pengujian DxOMark. Perusahaan benchmarking ini menguji kekuatan kamera ponsel iPhone terbaru itu melalui proses yang biasa, dan skor keseluruhannya adalah 105. Memang, skor itu tergolong sangat bagus, tetapi masih unggul P20 Pro yang menorehkan skor 109.

Dalam pengujian itu, skor keseluruhan dihitung dari sub-skor foto dan video, masing-masing meraih angka 100 dan 96. Di bidang foto, iPhone XS Max menangkap gambar-gambar hebat dalam cahaya terang, dengan hasil yang andal dan konsisten setelah dijepret.

Baca juga:

Huawei Luncurkan Tablet Ber-speaker Harman Kardon

Selain itu, sistem autofocus menjadi salah satu fitur terbaik yang pernah diuji. Eksposur pada gambar outdoor sangat tepat, tingkat detail tinggi, dan warna tajam.

Di sisi lain, kinerja zoom dinilai perlu perbaikan. Meski lebih baik daripada di iPhone X tahun lalu, namun pengguna mendapatkan gangguan noise cahaya dan kurang detail daripada apa yang bisa dihasilkan oleh Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy Note 9.

Ada beberapa kekurangan dalam gambar yang diambil dengan flash, dan noise luminansi yang cukup terlihat dalam cahaya minim.

Baca juga:

Pocophone F1 vs Huawei Nova 3i: Siapa Jawara Smartphone Harga Rp4 Jutaan?

Soal spek, dua kamera belakang di iPhone XS Max masing-masing menggunakan sensor 12 megapixel dan dilengkapi optical image stabilization. Pada kamera dengan lensa wide, sensornya punya ukuran pixel sebesar 1,4 mikron, bukaan lensa f/1,8 dan mempunyai 6 elemen lensa.

Sementara kamera dengan lensa telenya mempunyai bukaan f/2,4, enam elemen lensa, serta 2x zoom optik. Untuk melengkapi kedua kamera ini, Apple membenamkan True Tone flash yang disebut mempunyai sistem pendeteksi kedip.