Technologue.id, Jakarta – Sudah bukan rahasia jika Facebook adalah jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna paling banyak di seluruh dunia. Namun hal tersebut membuatnya menjadi magnet bagi pihak-pihak yang tak bertanggung jawab untuk membuat akun palsu.

Mengutip dari NextPowerUp (04/11/17), Facebook baru saja merilis data yang menunjukkan kalau jumlah akun palsu di jejaring sosial itu diperkirakan sudah mencapai angka 270 juta, beberapa di antaranya pun diyakini dikelola oleh orang yang sama.

Baca juga:

Facebook Resmikan Fitur “Curian” dari Twitter

Menurut data statistik yang dikumpulkan, komposisi akun palsu yang bertebaran di Facebook itu mengalami pertumbuhan dari 2 persen menjadi 3 persen jika dibandingkan dengan userbasenya.

Baca juga:

Ada 1,37 Miliar Orang Buka Facebook Tiap Hari, Kalau Instagram?

Sementara untuk akun yang terduplikasi, saat ini meningkat dari 6 persen ke 10 persen. Diketahui, saat ini total pengguna aktif Facebook sendiri sudah mencapai ke lebih dari 2,1 miliar di seluruh dunia.

Baca juga:

Facebook Digugat Mantan Pegawainya, Ada Huru-hara Apa?

Untuk mengantisipasi pertumbuhan akun palsu tersebut, Facebook bisa jadi terus mengembangkan teknologi machine learning dan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sehingga akun palsu bisa terdeteksi lebih mudah.