Technologue.id, Jakarta – Xiaomi baru saja meluncurkan Redmi 6 Pro ke Indonesia dengan prosesor Snapdragon 636 dan RAM 4GB. Perangkat itu akan berhadapan langsung dengan Realme 2 Pro yang telah terjual 10.300 unit di pasaran. Mana lebih unggul di antara kedua produk buatan vendor asal Tiongkok tersebut?

Secara dapur pacu, Realme 2 Pro menggunakan prosesor terkuat di segmen menengah papan atas, Snapdragon 660 yang sudah diperkuat teknologi Artificial Intelligence Engine (AIE). Prosesor ini dijalankan dengan setting 1,95 GHz agar memperoleh performa stabil dengan kondisi termal yang tidak menyerupai setrikaan.

Snapdragon 660 juga meningkatkan 30 persen pengolahan grafis berkat GPU Adreno 512, sehingga melakukan aktivitas berat seperti gaming maupun photo editing masih terasa smooth dan free-stuttering.

Baca juga:

Realme Siapkan Ponsel Bertenaga Helio P70

- Advertisement -

Selain itu, Realme 2 Pro juga tak setengah-setengah dalam menawarkan varian RAM, dari mulai dari 4/6/8 GB. RAM yang semakin besar tentu akan meningkatkan kinerja sebuah ponsel, terutama saat aktivitas gaming dan multitasking.

Sementara itu, Xiaomi tidak mau kalah dengan mengusung Redmi Note 6 Pro menggunakan Snapdragon 636 yang dipasangkan dengan varian RAM 3 dan 4 GB. Sama-sama menggunakan Walaupun terhitung sebagai saudara dekat, Snapdragon 636 memiliki kecepatan maksimal 1,8 GHz sehingga bisa dibilang jika versi Snapdragon 636 merupkan versi lite atau versi efisien dari Snapdragon 660.

Baca juga:

Ponsel Xiaomi Meledak! Rumah di Ponorogo Kebakaran

Selain dibekali dengan RAM besar dan Realme 2 Pro juga storage internal yang lapang dengan varian 64 dan 128 GB. Dengan storage maksimal sebesar 128 GB, pengguna dapat menyimpan lebih dari 27.000 foto, 200 film, 21.000 lagu, dan 2.400 aplikasi. Tak hanya itu, ruang penyimpanan juga dapat diperluas hingga 256 GB dengan Micro SD.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro menyematkan ruang penyimpanan internal sebesar 32 dan 64 GB. Dari hal ini, Realme 2 Pro lebih unggul karena menawarkan ruang penyimpanan lebih besar.

Sektor display sangatlah vital karena menjadi komponen untuk menawarkan kemampuan visual. Dalam hal ini, Realme 2 Pro lebih unggul karena menggunakan layar 6,3 ini dengan aspek rasio 19,5:9. Keunggulan lainnya adalah layar dewdrop yang membuat dimensi display lebih lapang.

Baca juga:

Laris Manis di Lazada, Realme 2 Siap Gantikan Xiaomi Redmi 6 Sebagai Entry-level Kamera King

Xiaomi Redmi Note 6 Pro menggunakan layar 6,26 inci dengan aspek rasio 19:9. Beda dengan Realme 2 Pro, layar Redmi Note 6 Pro menggunakan notch yang tampak lebar.

Bicara soal desain, Realme memang terbukti konsisten untuk menyediakan smartphone dengan desain stylish. Sebab, desain Realme 2 Pro hadir dengan polycarbonate resin dewdrop back cover, memiliki 13-15 laminasi atom yang tidak sederhana.

Hal itu membuat Realme 2 Pro memiliki aksen seperti kaca yang elegan. Sementara, seterunya Redmi Note 6 Pro masih nyaman menggunakan desain bodi belakang yang terlihat mainstream sekaligus sederhana. Jadi, pilih mana? Realme 2 Pro atau Xiaomi Redmi Note 6 Pro?