Technologue.id, Jakarta – Memasukan iklan ke dalam ponsel merupakan daya tarik bagi vendor ponsel, pasalnya dengan menggunakan strategi tersebut vendor bisa meraup pendapatan yang bagus. Vendor asal China, Realme mengumumkan berencana menerapkan strategi tersebut.

Dilansir dari GSMArena (3/1/2020), Pengguna ponsel Realme dengan antarmuka ColorOS 6 ke atas, akan menemukan iklan di ponsel mereka. Dalam pengumumannya, Realme mengatakan untuk terus menawarkan lebih banyak kejutan dan memelihara model bisnis yang sehat dan berkelanjutan, maka dikenalkan rekomendasi konten komersial di OS.”

Baca juga:
Spesifikasi Lengkap Realme X50 Bocor!

Iklan tersebut akan muncul secara otomatis di aplikasi Phone Manager dan di halaman Security Check setelah pengguna mengunduh aplikasi baru. Meski begitu, Realme memberi jalan kepada penggunanya yang merasa terganggu dengan iklan tersebut agar iklan dapat dinonaktifkan.

Melalui pernyataan resminya, Realme mengumumkan cara untuk menonaktifkan iklan di ponselnya. Diberitahukan untuk memastikan iklan Realme tidak tampil, pengguna bisa masuk ke Settings > Additional settings > Get recommendations lalu matikan.

Cara Nonaktifkan Iklan Realme (Sumber: GSM Arena)

Baca Juga:
Catat, Xiaomi Mi Note 10 Pro Akan Hadir di Tanggal Ini

Penerapan rekomendasi iklan pada ponsel bukanlah yang pertama, sebelumnya Xiaomi sudah menerapkan strategi tersebut di antarmuka MIUI. Realme sendiri sempat mencibir Xiaomi dan mengatakan tidak adanya iklan menjadi salah satu nilai jual di ponsel besutannya.