Rekomendasi Smartphone Harga Rp5 Jutaan Terbaik 2020

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Harga sebuah smartphone kelas menengah semakin tinggi saja. Namun hal ini wajar, mengingat smartphone kelas menengah justru menawarkan fitur dan performa yang sebenarnya tidak kalah menarik dibandingkan dengan smartphone sekelas flagship.

Di rentang harga Rp5 jutaan, sederet brand pun menawarkan smartphone dengan memiliki fitur dan spesifikasi yang mirip seperti smartphone mahal. Sebut saja Samsung, Xiaomi, Vivo, dan Oppo.

Nah kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah smartphone kelas menengah yang sudah memiliki fitur layaknya HP flagship. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Lima Game Mobile Terbaik yang Dirilis Tahun 2020

Samsung Galaxy A71
Ponsel yang meluncur bulan Januari 2020 ini memiliki segudang fitur unggulan dalam memberikan pengalaman live bagi penggunanya.

Mengusung chipset Snapdragon 730G besutan Qualcomm, A71 disebut akan memaksimalkan aktivitas gaming dan pengalaman live lainnya. Prosesor ini juga disebut memiliki fitur eksklusif untuk mendukung pengalaman gaming pengguna dan meningkatkan grafis hingga 15% yang mempengaruhi kekayaan warna hingga 1 miliar warna.

Selain menggunakan Snapdragon 730G, untuk mendukung performanya juga disertakan RAM hingga 8GB serta memori penyimpanan berkapasitas 128GB. Memori penyimpanan ini juga bisa ditambah dengan menggunakan SD card hingga 512GB.

Menggunakan layar Infiniti-O Super AMOLED Plus 6,7 inci, ponsel ini menghadirkan layar yang luas dan mendalam serta memiliki bobot yang ringan dan tipis untuk menambah kenyamanan.

Dari segi kameranya, Galaxy A71 memiliki quad camera yang terdiri dari 64MP kamera utama yang menyajikan kualitas gambar maksimal, ultra-wide kamera beresolusi 12MP, kamera macro dengan resolusi 5MP, serta lensa depth 5MP. Sedangkan pada kamera depannya,menggunakan kamera beresolusi 32MP.

Untuk memanjakan penggunanya terkhusus para gamer, Galaxy A71 juga memiliki fitur screen recording yang bisa digunakan untuk unjuk gigi dalam bermain gim. Terdapat juga pilihan mode camera dan mic yang dapat digunakan untuk streaming gim.

Pada dayanya, Galaxy A71 dibekali baterai 4.500mAh dengan super-fast charging 25W. Ponsel ini juga sudah menggunakan android 10 Samsung One UI 2.0 serta mendukung otentikasi biometrik mulai dari fingerprint dan Face Unlock.

Ponsel ini memiliki tiga pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Silver, dan Blue. Untuk memilikinya, Samsung membandrol ponsel teranyar seri A ini dengan harga Rp 6.099.000.

Xiaomi Mi 10T
Xiaomi Mi 10T hadir dengan layar berefresh rate tinggi, 144Hz. Menjadikannya ponsel yang pas untuk menikmati berbagai konten hiburan.

Mi 10T memiliki layar IPS LCD FHD Plus berukuran 6,67 inci. Layar ini juga memiliki teknologi TrueColor yang menjadikannya mampu menghasilkan tampilan warna yang akurat.

Pada sektor kameranya, ponsel ini menggunakan tiga buah kamera belakang. Kamera utama Mi 10T sebesar 64MP, didampingi kamera ultra-wide 13MP, kamera makro 5MP, dan kamera depan 20MP.

Untuk performanya, Mi 10T ditopang prosesor Snapdragon 865 yang dipadu dengan RAM LPDDR5 8GB. Pihak Xiaomi mengklaim Mi 10T dapat memberikan kinerja 1,5x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Seri Mi 10T dibekali dengan baterai besar 5.000 dengan dukungan fast charging 33W. Perangkat terbaru ini disebut mampu menyajikan tontonan video selama 20 jam tanpa henti.

Terkait ketersediaannya, Mi 10T hadir dalam pilihan warna Lunar Silver dan Cosmic Black. Mi 10T yang memiliki ROM 128GB dibandrol dengan harga Rp 5.999.000

Baca Juga:
5 Kabar Duka Jadi Trending Topic Medsos Sepanjang 2020

Vivo V20
Vivo V20 sendiri dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 44MP Eye Autofocus dengan dua fitur unggulan, yaitu 44MP Eye Tracking dan 44MP Autofocus.

Modul 44MP Eye Tracking ini mampu mengenali bagian mata dan wajah untuk mendapatkan hasil foto dan video lebih jernih dan tetap fokus, sedangkan 44MP Autofocus mampu menghasilkan foto atau video yang lebih jelas dan tajam dari jarak yang dekat maupun jauh.

Untuk kamera belakang, vivo V20 dibekali 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera (Super Wide-Angle/ Super Macro/ Depth Camera) dan 2MP Mono Camera. Kamera ini dilengkapi fitur pendukung, seperti Super Night Mode, Motion Autofocus dengan Smart Zoom, hingga Art Portrait Video.

Vivo V20 tersedia dalam dua varian warna, yaitu Midnight Jazz dengan desain tipis yang memiliki ketebalan bodi hanya 7,38mm dengan berat 171 gram dan Sunset Melody dengan ketebalan bodi 7.48mm dan berat 172 gram. Ponsel ini mengusung matte finishing coating yang terbuat dari desain 2.5D Glass.

Di sektor performanya, Vivo V20 menggunakan prosesor Snapdragon 720G dengan dukungan memori dan kapasitas internal 8GB RAM + 128GB ROM. Tidak lupa sejumlah fitur seperti NFC Multifunctions dan kemampuan 33W FlashCharge dengan kapasitas baterai 4000 mAh.

Vivo V20 dipasarkan dengan harga Rp 4,999,000

Oppo Reno4
OPPO Reno 4 sendiri dibekali dengan quad kamera belakang yang disusun secara vertikal mencakup 48MP kamera utama, 8MP kamera ultra wide, 2MP kamera macro, serta 2MP kamera mono. Untuk kamera depannya sendiri OPPO menyematkan kamera 32MP.

Kamera-kamera ini didukung dengan segudang fitur kamera kreatif yang membawa pengalaman portrait photography dan pembuatan video ke tingkatan lebih tinggi antara lain AI Color Portrait, Night Flare Portrait, Monochrome Video, hingga fitur lain yang ada pada Reno sebelumnya.

Untuk AI Color Portrait, Aryo memaparkan fitur ini akan membuat background foto dan video menjadi hitam dan putih namun tetap menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Sedangkan fitur Night Flare Portrait, pengguna nantinya akan disuguhi foto dengan efek bokeh pada lampu yang memberikan kesan artistik di background.

‘Untuk fitu Monochrome Video sendiri, akan mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari objek di dalam video, sementara lingkungan yang lain dalam video hanya memiliki warna hitam dan putih,” tambahnya.

OPPO Reno 4 hadir dengan ketebalan yang sangat tipis, hanya 7.7mm, menjadikan Reno 4 lebih tipis 0,15mm dari pendahulunya yakni Reno 3. Untuk layarnya, menggunakan layar AMOLED 6,4 inci dilapisis Corning Gorilla Glass 5 dengan dual punch hole di sisi kiri atas.

OPPO menyematkan prosesor Snapdragon 720G dengan CPU Kryo 465 dengan 6 core Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz serta dual core Cortex-A76 berkecepatan 2.3GHz untuk menopang performanya. Prosesor ini dipadu dengan GPU Adreno 618, RAM 8GB, serta ruang penyimpanan 128GB.

Sementara untuk dayanya, Reno 4 akan dibekali baterai berkapasitas 4.015 mAh dengan teknologi pengisian 30W VOOC 4.0. OPPO mengklaim ponsel generasi terbaru seri Reno ini dapat mengisi baterai sebanyak 50% hanya dalam waktu 20 menit.

OPPO Reno 4 tersedia dalam dua varian warna, yakni Galactic Blue dan Space Black. Untuk harganya sendiri, ponsel ini dibandrol dengan harga Rp 4.999.000.

Oppo Reno 3
Mengunggulkan sektor fotografi, ponsel ini hadir dengan fitur 48MP Zoom Quadcam, 44MP Ultra Night Selfie, 5x Hybrid Zoom, dan 108MP Ultra Clear Image.

Oppo Reno3 memiliki 48MP Zoom Quadcam yang terdiri dari kamera utama 48MP Ultra-Clear, 13MP lensa telephoto, 8MP lensa sudut lebar, dan 2MP lensa mono. Sementara untuk kamera depannya Oppo menghadirkan kamera 44MP Ultra Night Selfie.

Untuk fitur zoomingnya, Reno3 mengusung 5x Hybrid Zoom dengan kemampuan 20x Digital Zoom Teknologi perbesaran ini juga hadir pada perekaman video. Selain itu, fitur unggulan lain berupa 44MP Ultra Night Selfie juga turut serta dalam memberikan hasil maksimal saat kondisi malam hari.

Tidak sampai disitu, fitur ultra dark mode akan secara otomatis aktif ketika berada di dalam ruangan dengan kecerahan cahaya di bawah 5lux. Dimana 1lux dapat digambarkan sebagai satu buah lilin yang hidup sebagai satu-satunya sumber cahaya pada ruangan yang sangat gelap.

Oppo Reno3 ini hadir dengan prosesor MediaTek Helio P90 yang dilengkapi dengan 8GB RAM dan 128GB ROM. Perangkat ini didukung dengan tiga slot kartu yang dapat memuat dua nano SIM Card dan slot perluasan penyimpanan dengan dukungan micro-SD hingga 256GB.

Sementara pada bagian layarnya, menggunakan Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan aspek rasio 20:9. Ponsel ini juga menyematkan baterai berkapasitas 4025mAh dengan dukungan 20W VOOC Flash Charge 3.0 untuk mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

Oppo Reno3 ini dilengkapi dengan sistem operasi baru, ColorOS 7 berbasis Android 10. Penyederhanaan ikon dan desain tampilan pada OS ini disebut agar pengguna dapat terfokus pada aplikasi yang digunakan.

Oppo menghadirkan Reno3 dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Untuk harganya, ponsel ini dibandrol dengan harga Rp 5.199.000

- Advertisement -

Latest News

5 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Lebaran

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tak lengkap rasanya kalau tidak bersilaturahmi dengan teman dan keluarga. Tapi, karena pandemi Covid-19 belum...

Facebook dan Instagram Dituding Hapus Konten Serangan Israel ke Palestina

Technologue.id, Jakarta - Raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dituding telah menyensor, serta menghapus postingan dan tagar terkait ketegangan baru-baru...

128 Juta iPhone Terinfeksi Malware

Technologue.id, Jakarta - Apple baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada upaya penyerangan malware ke ratusan juta pengguna iOS. Sebanyak 128 juta pengguna iOS...

#SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Technologue.id, Jakarta - Warganet dari seluruh dunia mengecam serangan udara mematikan Israel di jalur Gaza dengan mencuitkan tagar #SavePalestine.

Resident Evil: Village Raup 100.000 Gamer dalam 2 Hari

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil: Village berhasil memecahkan rekor baru di Steam. Game besutan Capcom tersebut telah meraih pemain aktif hingga lebih...

Related Stories