Resmi, Fitur Transfer Chat WA dari iPhone ke Android

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – WhatsApp merilis transfer isi percakapan dari ponsel berbasis iOS (iPhone) ke Android. Fitur transfer chat dari iOS ke Android diperluas lagi untuk semua ponsel Samsung dengan OS Android 10 ke atas.

WhatsApp mengatakan akan berupaya menghadirkan fitur ini ke lebih banyak perangkat Android lainnya, tak terbatas pada ponsel Samsung saja.

“Pada awalnya, fitur ini akan tersedia untuk perangkat Samsung yang menggunakan Android 10 atau versi lebih tinggi, dan akan segera tersedia untuk perangkat Android lainnya,” tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Baca Juga:
WhatsApp Luncurkan Fitur View Once, Ini Fungsinya

WhatsApp mengklaim proses transfer data percakapan ini tidak melewati server WhatsApp, melainkan langsung antar-perangkat. Itu sebabnya proses transfer ini membutuhkan kabel adaptor USB C – Lightning untuk menghubungkan iPhone dengan Android Samsung.

Selain itu, aplikasi Samsung Smart Switch juga dibutuhkan untuk transfer data ini.

Sebelumnya, pengguna iPhone mesti mengandalkan aplikasi pihak ketiga lalu menghubungkan iPhone dan ponsel Android ke PC yang sama, untuk memindahkan riwayat chat, termasuk teks, foto, video, dan lainnya.

Fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android mulai hadir di WhatsApp iOS versi 2.21.160.16.

Anda bisa mengaksesnya dengan cara menu Settings > Chats, lalu pilih Move chat to Android atau Pindahkan chat ke Android.

Jika pengguna melewatkan langkah ini, riwayat chat tidak akan bisa dialihkan dari iOS ke Android, berarti seluruh riwayat chat akan lenyap.

Baca Juga:
WhatsApp Rilis Fitur Joinable Call, Apa Itu?

Apabila ingin melanjutkan proses transfer, pengguna bisa membuka ponsel Android untuk memulihkan riwayat chat, foto, video, hingga pesan suara (voice note).

Terakhir, tunggu proses transfer riwayat chat WhatsApp dari iPhone ke Android hingga rampung.

Product Manager WhatsApp, Sandeep Paruchuri mengklaim bahwa fitur transfer chat dari iPhone ke Android merupakan fitur paling banyak dinantikan penggunanya, selama beberapa tahun.

Untuk mewujudkannya, WhatsApp bekerja sama dengan pengembang sistem operasi dan vendor perangkat.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories