WhatsApp Luncurkan Fitur View Once, Ini Fungsinya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Aplikasi messaging WhatsApp merilis fitur baru yang dikenal dengan “View Once”. Fitur ini membuat foto dan video langsung yang dikirim dapat terhapus sendiri atau hilang usai dilihat penggunanya.

Setelah melakukan ujicoba selama sebulan, akhirnya perusahaan menyajikan fitur foto menghilang ini ke versi aplikasi yang stabil.

Dilansir dari IndianExpress (5/8/2021), cara kerja View Once mirip seperti fitur media kedaluwarsa di Instagram. Saat Anda mengirim foto menggunakan fitur ini, foto itu akan hilang begitu penerima membukanya dan meninggalkan layar chat.

Baca Juga:
WhatsApp Rilis Fitur Joinable Call, Apa Itu?

Setiap mengirim foto, Anda pun harus memilih View Once saat ingin mengirim tampilan sekali foto atau video.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook yang merupakan perusahaan induk WhatsApp, menjelaskan bahwa interaksi paling penting yang dimiliki seseorang adalah pesan pribadi. Oleh karena itu, mereka justru fokus untuk mengembangkan fitur yang dapat menjaga obrolan dan pesan yang bersifat pribadi.

Adapun tujuan dirilisnya fitur ini, pihak WhatsApp berharap agar pengguna bisa lebih nyaman menggunakan platformnya selama berada di rumah.

WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa setiap foto atau video yang pengguna kirim menggunakan fitur View Once tidak akan disimpan ke Photos atau Gallery penerima. Setelah Anda mengirim foto atau video View Once, WhatsApp tidak akan dapat menampilkannya lagi.

Baca Juga:
WhatsApp Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus

Aplikasi perpesanan tidak akan memungkinkan Anda untuk meneruskan, menyimpan, membintangi, hingga berbagi foto atau video yang dikirim atau diterima dengan fitur media View Once. Anda hanya dapat melihat apakah penerima telah membuka foto atau video View Once jika tanda terima telah dibaca diaktifkan.

Bila ingin “menyimpan” foto yang dikirim tersebut, sebagai alternatif pengguna bisa screenshot atau foto dari kamera lain.

Fitur View Once ini kabarnya akan mulai digulirkan pekan ini.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories