Ribuan Aplikasi Android Ternyata Bisa Lacak Posisi Smartphone Tanpa Izin

Technologue.id, Jakarta – Semakin banyak yang menggunakan Android, semakin banyak pula penjahat yang mengintai untuk bisa menyusup ke perangkat tersebut. Bahkan, ternyata aplikasi yang bisa melakukan berbagai hal pada perangkat Android meski tak diizinkan oleh penggunanya.

Baca Juga:
5 Aplikasi Android Terbaik untuk Nonton Film Online Gratis

Mengutip dari TheVerge (08/07/19), pada ajang PrivacyCon 2019 yang diadakan beberapa waktu lalu, ada sebuah hasil riset yang memaparkan soal temuan terhadap ribuan aplikasi berbahaya yang dapat melacak keberadaan penggunanya walaupun penggunanya tidak memberikan izin kepada aplikasi tersebut.

Berdasarkan hasil temuan tersebut, tampak bahwa ribuan aplikasi tersebut berhasil menemukan cara untuk mencurangi sistem perizinan (permission) pada Android. Pasalnya, walaupun tidak diizinkan untuk melacak lokasi pengguna, setelah aplikasi tersebut terpasang, setidaknya ada sedikit data yang bisa diakses olehnya.

Baca Juga:
Aplikasi Android Messages Kini Bisa Tangkal Spam

Dari sedikit data yang diperoleh tersebut, aplikasi itu akan terhubung dengan aplikasi lainnya yang ternyata sudah diizinkan oleh penggunanya untuk melihat berbagai data yang lebih banyak. Dari situlah, terjadi kebocoran data.

Beberapa aplikasi tersebut bisa saja hanya mengirimkan informasi berupa MAC Address dari perangkat jaringan yang sedang terkoneksi dengan smartphone, seperti router dan access point. Dan pada akhirnya, lokasi dari pengguna bisa terdeteksi.

Latest News

Meluncur Tahun Besok, Ini Bocoran Samsung Galaxy Z Flip 3

Technologue.id, Jakarta - Setelah sukses menghadirkan Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Flip 5G, Samsung dikabarkan tengah bersiap menghadirkan penerusnya, yakni Galaxy...

Tokopedia Berdayakan Perempuan di Era Digital Lewat ‘START Summit Extension: Women in Tech’

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia menggelar START Summit Extension dengan tema Women in Tech secara daring pada 28 November 2020 pukul 09.30-19.00 WIB....

Samsung Berhenti Rilis Seri Galaxy Note Pada 2022?

Technologue.id, Jakarta - Samsung dilaporkan bakal menghentikan produksi generasi Galaxy Note-nya dalam dua tahun kedepan. Sebuah tweet oleh @cozyplanes...

Pemain PUBG Mobile Jadi Target Serangan Siber

Technologue.id, Jakarta - Game battle royale PUBG Mobile menjadi salah satu game yang paling digemari saat ini. Namun di balik itu, ternyata...

Spotify Reset Password Pengguna Akibat Masalah Keamanan Data

Technologue.id, Jakarta - Spotify melakukan pengaturan ulang kata sandi secara bergulir ke ratusan ribu akun pengguna setelah ditemukannya indikasi kebocoran data.

Related Stories