Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Roadmap 2020, Oppo Geber AI, IoT, dan 5G
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Internet of things (IoT) akan menjadi bisnis baru bagi Oppo untuk memasuki era 5G. Mulai tahun ini, vendor ponsel asal Tiongkok itu akan fokus di tiga tren teknologi untuk mengembangkan image barunya. Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, mengungkapkan bahwa perusahaannya ingin merubah image baru menjadi ‘Technology Company’. Menurutnya, Oppo tidak lagi ingin dikenal hanya sebagai produsen smartphone, melainkan fokus teknologi yang telah dikembangkan Oppo. "Yang akan terjadi di 2020, Kita akan fokus di AI (Artificial Intelligence), IoT, dan 5G," ucap Aryo Meidianto, kala hadir di acara perkenalan Forum Wartawan Teknologi (Forwat), di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga: Potensi Perangkat IoT di Segmen B2B Menggiurkan

Untuk implementasi AI, Oppo telah membenamkan sistem kecerdasan buatan ini dalam beberapa model smartphone dari seri F (F5, F7) sejak 2017. Oppo menggunakan algoritma AI untuk melakukan beautification yang personafikasi. Sehingga membuat orang tampak menarik saat foto selfie. Selanjutnya, dikatakan Aryo, perkembangan kamera depan semakin canggih. Berbagai pemanfaatan kamera depan bisa lebih dari sekedar swafoto. "Begitu banyak perkembangan (AI) kamera depan tidak hanya untuk Beautifikasi, tapi untuk unlock, security, dan lain-lain," ujarnya. Masih dari ranah kecerdasan buatan, Oppo juga mengembangkan teknologi AI Virtual Assistant bernama Breeno. Breeno ini menjadi salah satu kunci dari Artificial Intelligence yang berkaitan dengan ekosistem Oppo sebagai digital company. Berlanjut ke bisnis IoT, Oppo baru terjun ke sektor ini pada tahun 2019. Adapun beberapa produk yang sudah tercipta melalui tim divisi IoT Oppo ini adalah Enco Q1, Oppo Enco Free, Oppo 5G CPE T1, dan Oppo AR Glass. Oppo Enco Q1 telah resmi meluncur bersamaan dengan smartphone Oppo Reno2.

Baca Juga:

Sementara di sektor 5G, Oppo telah melakukan banyak percobaan untuk implementasi dan pengembangan jaringan generasi kelima tersebut. Mereka juga telah meluncurkan smartphone 5G Oppo pertama, yaitu Reno 5G, pada tahun lalu. Lebih lanjut soal roadmap 2020, Oppo pun siap menggelontorkan dana invetasi dengan angka yang besar untuk tim riset dan pengembangan. Produsen ponsel seri Reno ini menyiapkan dana sebesar US$ 1,43 miliar untuk menggeber implementasi teknologi terbaru. "Di 2020 ini, masyarakat akan semakin banyak melihat produk AI, IoT dan 5G dari Oppo,” kata Aryo.

SHARE:

XL Axiata: Periode Ramadan dan Lebaran Trafik Streaming Capai 60%

Ditusuk Pakai Paku, Baterai Blade Milik BYD Tidak Terbakar dan Meledak