Technologue.id, Jakarta – Diluncurkan ke pasaran Maret 2018, ternyata Samsung Galaxy S9 langsung menjadi smartphone terlaris sebulan berselang. Flagship itu, menurut Counterpoint Research, menguasai 2,6 persen penjualan ponsel pintar secara global selama April 2018.

Tak sendiri, Galaxy S9 Plus juga menemani kompatriotnya itu dengan persentase penjualan yang sama. Hal ini membuktikan bagaimana Samsung berhasil memainkan dua macam konsumen yang ia sasar. Sebab walaupun sama-sama dibanderol di atas Rp10 jutaan, Galaxy S9 tidak memiliki dual-camera seperti saudaranya yang ukuran bodinya lebih lebar itu.

Baca juga:

Review: Samsung Galaxy S9 Punya Fitur Baru, Wajah Lama

Dominasi Samsung ini dibuntuti oleh Apple. Tiga gadget-nya melengkapi lima smartphone terlaris selama April 2018, yakni iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8. Bisa dibilang, permainan di pasar smartphone premium antara Samsung dan Apple cukup berimbang, karena perangkat andalan mereka masing-masing ternyata mendapat posisi teratas.

Baca juga:

Ternyata, Modal Samsung untuk Bikin Galaxy S9+ Cuma Segini!

Di samping itu, Apple juga menempatkan iPhone 6 dan iPhone 7 untuk melengkapi daftar top 10. Sementara Samsung menyumbangkan Galaxy S8 di nomor kesepuluh.

Samsung Galaxy S9 Smartphone Terpopuler April 2018, iPhone X?
Smartphone terpopuler global April 2018 (source: Counterpoint Research)

Baca juga:

Sudah Tahu? Ini Smartphone Terlaris Xiaomi Sedunia

Yang menarik di samping dua raksasa itu, Xiaomi menyempil di tengah. Vendor asal China itu mencatatkan penjualan ponsel secara global yang bagus di bulan April lalu karena Redmi 5A dan Redmi 5 Plus terbukti amat laris. Keduanya memang bukan flagship, tetapi lumayan bisa menjadi bukti kalau Xiaomi layak masuk lima besar brand smartphone terpopuler saat ini karena produknya amat diminati di banyak tempat.