Technologue.id, Jakarta – Tahun ini, kiprah Xiaomi boleh dibilang cukup apik. Data dari IDC, pengapalan smartphone Xiaomi pada Q1 2018 sudah naik 87,8 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Total, sedari Januari sampai Maret 2018, shipment ponsel pintar Xiaomi ada sebanyak 28 juta unit. Melansir rilis pers IDC (02/05/2018), vendor asal China itu pun menggemas pangsa pasar sebesar 8,4 persen dan duduk di posisi keempat produsen smartphone top, melewati Oppo yang hanya bisa menempati nomor lima.

Baca juga:

Gabungkan Seni dan Teknologi, Xiaomi Hadirkan Mi Mix 2S Edisi Spesial

Catatan mentereng Xiaomi juga ditunjang oleh riset dari Counterpoint Research yang mendapuk Redmi 5A sebagai smartphone Android terlaris secara global selama bulan Maret. Ini adalah kali pertama Xiaomi meraih predikat ini, versi Counterpoint.

Redmi 5A, yang menyasar konsumen menengah ke bawah, termasuk ponsel yang ramai diincar masyarakat Tanah Air. Lihat saja di ajang Mi Fan Festival Lazada April lalu. Hanya dalam waktu kurang dari 1 menit smartphone Redmi 5A, Redmi 5, dan Redmi 5 Plus ludes terjual.

Baca juga:

Review: Xiaomi Redmi 5A, Babak Baru Smartphone Murah

Dalam penjelasannya (18/05/2018), ponsel yang masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2017 itu hanya kalah dari duet flagship Apple, iPhone X dan iPhone 8 Plus. Masing-masing andalan raksasa Cupertino itu meraup market share 3,5 persen dan 2,3 persen.

Sudah Tahu? Ini Smartphone Terlaris Xiaomi Sedunia
Smartphone terlaris global Maret 2018 (source: Counterpoint)

Baca juga:

Bak iPhone X, Antrian Redmi 5A Banjiri Emporium Mall Pluit

Sementara itu, di bawah Redmi 5A yang di daftar itu menduduki nomor ketiga, ada Oppo A83, Samsung Galaxy S9, serta Galaxy S9 Plus.