Technologue.id, Jakarta – Beberapa di antara Anda mungkin sudah pernah mendengar salah satu rencana ambisius Samsung, yakni merilis smartphone lipat alias fleksibel. Gawai yang kabarnya bakal dinamai Galaxy X tersebut sempat diisukan hadir tahun ini. Akan tetapi, mungkin kabar tersebut hanya sebatas isu belaka.

Baca juga:

Fingerprint Samsung Galaxy S9 Plus Tak Prima, User Minta Refund

Adalah Product Manager of Display Technology Qualcomm, Salman Saeed, yang mengklaim kemungkinan penundaan proyek Samsung itu tahun itu. Dalam penjelasannya pada TechRadar.com (22/03/2018), Saeed menjelaskan bahwa saat ini masih ada ganjalan teknis yang membuat teknologi flexible display belum bisa diimplementasikan ke Galaxy X.

“Mereka [produsen ponsel] sekarang belum bisa menciptakan material untuk memproduksi elektroda yang lentur dan tahan dilipat berulang kali,” jelas Saeed.

Baca juga:

Ternyata, Modal Samsung untuk Bikin Galaxy S9+ Cuma Segini!

Lantas, kapan Galaxy X bisa dirilis? Saeed tak menyebut secara pasti, tetapi ia memperkirakan tidak dalam waktu dekat. Namun, Saeed dan Qualcomm optimistis teknologi ini bisa hadir di pasaran ke depannya.

“Saya rasa tidak mustahil bagi mereka [produsen smartphone] untuk melakukannya… semua vendor tier 1 tengah bekerja keras untuk merealisasikannya. Para vendor ternama sebenarnya sudah punya device semacam ini [berlayar fleksibel] di laboratorium mereka, tetapi saat ini produk tersebut masih perlu diuji lagi keandalannya,” tambah Saeed.

Baca juga:

Oppo Siapkan Dua Smartphone Baru untuk Indonesia, Benarkah F7?

Sebelumnya tahun lalu, Galaxy X sempat diisukan rilis dalam kalender 2017. Akan tetapi, vendor asal Korea Selatan itu menepis rumor tersebut dan memprediksi ponsel berteknologi itu baru akan siap dilepas ke pasaran tahun 2019 mendatang. Namun entah mengapa, Galaxy X belum lama ini disebut bakal lahir setahun lebih awal, sampai akhirnya klarifikasi dari Saeed ini beredar.