Technologue.id, Jakarta – Mencari pasangan via dunia maya boleh-boleh saja, asalkan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain, terlebih pasangan sendiri.

Hal itulah yang sedang diupayakan oleh OkCupid, yang mungkin saja akan diikuti oleh platform serupa lain ke depannya. Dating site berusia 13 tahun itu mengumumkan bahwa para pengguna layanannya akan diharuskan menggunakan nama asli untuk dicantumkan di tiap profil user-nya.

Baca juga:

Ternyata, Sebanyak Ini Orang yang Mau Berteman dengan Rinna Si Chatbot

Menurut platform yang juga dikenal dengan singkatan OKC itu, saat mencari pasangan sebaiknya orang-orang menjadi dirinya sendiri dan tidak misterius. Langkah ini juga bisa mengantisipasi user-user yang memanfaatkan situs pencari teman kencan untuk hal-hal yang merugikan, karena nama asli mereka bisa diketahui orang lain dan dilaporkan bila perlu.

Jelas, keputusan ini mengurangi anonimitas seseorang di internet. Akan tetapi, OKC sebisa mungkin tetap menjaga privasi penggunanya, misalnya dengan membuat profil user OKC tak terlihat dari indeks pencarian Google. Di samping itu, keharusan ini sebenarnya bisa diakali dengan, contohnya, hanya mencantumkan nama panggilan ketimbang nama lengkap.

Baca juga:

Kenapa Domain .tk Penggunanya Bisa Banyak Sekali?

Mengutip Engadget.com (22/12/2017), fitur ini sekarang sedang dites ke sejumlah pengguna secara terbatas. Secara berangsur-angsur, website asal Amerika Serikat ini bakal memperluas fitur ini ke seluruh penggunanya.

Baca juga:

Kini Anda Bisa Temukan Foto Anda di Facebook Walau Tak Ditandai

OkCupid sendiri sudah beroperasi sedari Januari 2004. Situs yang sempat masuk ke Top 10 Dating Sites versi majalah Time tahun 2007 itu lantas diakuisisi oleh Match.com 2011 silam. Platform ini memungkinkan penggunanya berkomunikasi tak cuma lewat pesan instan tetapi juga email.

Menurut Anda, sudah bijakkah langkah dari OkCupid ini?