Technologue.id, Jakarta – uji coba sembunyikan jumlah like Instagram diperluas meliputi sejumlah negara termasuk Indonesia. Kebijakan ini menurut Instagram sebagai upaya mengurangi kompetisi jumlah like dan lebih memfokuskan pada konten yang diunggah.

Baca Juga:
Instagram Perluas Uji Coba Tampilan Privat Jumlah Like ke Indonesia

Dilansir dari CNBC (9/12/2019), ada motif lain di balik kebijakan tersebut yang diungkapkan oleh mantan karyawan Instagram. Menurut sumber tersebut, diberlakukannya kebijakan ini semata mata agar pengguna semakin sering mengunggah konten.

Dengan meningkatnya jumlah unggahan, tentu menguntungkan perusahaan karena pengguna akan menghabiskan waktu lebih lama di Instagram dan ini merupakan moment yang pas untuk menampilkan banyak iklan yang merupakan sumber pemasukan perusahaan.

Baca Juga:
Instagram Haruskan Pengguna di Atas 13 Tahun

Pada awal uji coba, Adam Mosseri, Head of Instagram mengatakan kebijakan tersebut untuk membangun ekosistem positif dan memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk berekspresi tanpa harus mencemaskan jumlah like. Namun baik dari Facebook atau Instagram belum berkomentar atas spekulasi ini.