Technologue.id, Jakarta – Selasa (25/12/2018) pukul 14.18 WIB lalu, gempa bumi dengan magnitudo 5,4 melanda Maluku Utara. Gempa yang berpusat di 113 km barat laut Ternate, Maluku Utara, itu cukup membuat jaringan telekomunikasi terputus.

Baca juga:

Telkomsel: Ini 13 Lokasi dengan Traffic Terpadat di Liburan Natal-Tahun Baru 2019

Namun hari ini (29/12/2018), PT Telkom Indonesia dan anak perusahaannya, Telkomsel, senada mengklaim jaringannya sudah pulih kembali. Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel, dan Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom, menitipkan terima kasihnya pada seluruh tim dan pihak-pihak yang telah membantu upaya pemulihan ini, sehingga pihaknya tetap bisa memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan setianya.

Baca juga:

Terjangan Tsunami Anyer Tidak Mengganggu Lalu Lintas Seluler

“Saat ini layanan telekomunikasi di wilayah Maluku Utara di antaranya Sanana, Labuha, Ternate dan Sofifi (Halmahera) telah pulih 100 persen,” kata Denny, pada redaksi (29/12/2018).

Adapun Telkom sempat tak bisa memberikan pelayanan telekomunikasi karena kabel laut serat optik ruas Namlea-Sanana terputus. Trafik kini dialihkan menggunakan route lain.

Baca juga:

Kemkominfo: Waspada Hoax Pascatsunami Banten Seperti Ini!

“Dapat kami sampaikan bahwa semalam (28/12/2018) sekitar pukul 21.00 WIB, Telkom telah berhasil menyelesaikan upaya perbaikan sehingga seluruh layanan telekomunikasi TelkomGroup, baik data maupun voice di wilayah Maluku Utara telah kembali normal. Setelah sehari sebelum wilayah Sanana dan Labuha telah pulih, kini menyusul wilayah Ternate serta Sofifi dan seluruh Halmahera telah kembali normal,” ujar Arif.