Technologue.id, Jakarta – Google baru saja mengumumkan tentang keberadaan Android 10. Namun tampaknya, tak lama kemudian sudah ada sebuah vendor smartphone yang mulai mengadopsi sistem operasi tersebut secara diam-diam, yakni Samsung.

Mengutip dari SamMobile (23/08/19), ada seorang vlogger gadget asal Brasil yang sudah mempublikasikan video melalui YouTube tentang penggunaan One UI terbaru yang berbasis Android 10 pada smartphone Samsung Galaxy S10+.

Baca Juga:
Memasuki Versi 10, Android Punya Logo Baru

Melalui chaneel YouTube Dudu Rocha tersebut, tampak bahwa One UI versi 2.0 yang berbasis Android 10 tersebut dilengkapi dengan sistem gerakan (gesture) yang lebih baik dari versi sebelumnya, contohnya menggeser jemari dari ujung layar bagian bawah ke atas akan mengantarkan pengguna ke tampilan Home Screen.

Bocoran User Interface Android 10 Samsung Galaxy S10 (Sumber: SamMobile.com)
Bocoran User Interface Android 10 Samsung Galaxy S10 (Sumber: SamMobile.com)

Sementara menggeser jemari ke kiri atau kanan akan berfungsi layaknya menekan tombol back. Dan menggeser dari bagian bawah ke atas layar akan menampilkan menu multitaksing. Meski begitu, tak semua sistem gerakan bawaan Android 10 diadopsi oleh Samsung untuk One UI 2.0.

Baca Juga:
Google Tinggalkan Nama Kue untuk Android

Beberapa fitur baru lainnya adalah hadirnya screen recorder yang dapat merekam video saat suatu aplikasi tengah berjalan. Namun terlepas dari fitur barunya, secara umum Samsung tidak banyak mengubah desain antarmuka dari One UI versi 2.0.