Technologue.id, Jakarta – Sudah tahu? WhatsApp kini sedang menjalankan cara baru untuk memonetisasi platformnya. Melalui WhatsApp Business, anak perusahaan Facebook Inc. itu menyediakan fitur khusus bagi pelaku UMKM hingga korporasi untuk menjangkau lebih dari 1 miliar pengguna WhatsApp yang berpotensi jadi konsumennya maupun yang sudah.

Tak cuma di luar negeri, WhatsApp Business ternyata juga mulai digunakan di Indonesia. Walau begitu, WhatsApp belum me-launching fitur ini secara resmi.

Baca juga:

Jangan Kaget, WhatsApp Business Sudah Hadir di Indonesia!

Nah sekarang, redaksi mengajak Anda untuk memahami karakteristik dan kelebihan WhatsApp biasa dengan WhatsApp Business. Ini dia rangkumannya.

Serba-serbi WhatsApp Business, Ini yang Harus Anda Ketahui
Tampilan utama WhatsApp Business (source: MakeTechEasier.com)

1. Tampilannya
Secara garis besar, tampilan WhatsApp untuk personal dan Business sama. Anda akan mendapati tiga kolom di laman utamanya (Chats, Status, dan Calls) serta ikon kamera di paling kiri layar untuk menambahkan foto atau video di WhatsApp Status. Opsi search dan new chat pun serupa.

Baca juga:

Begini Cara Menarik Kembali Chat Salah Kirim di WhatsApp

Serba-serbi WhatsApp Business, Ini yang Harus Anda Ketahui
Profil WhatsApp Business (source: MakeTechEasier.com)

2. Profil
Di sini perbedaan yang signifikan mulai terasa. Ketika WhatsApp biasa hanya mengizinkan Anda untuk mengisi nama akun dan mengganti profile picture, kolom yang bisa diisi di WhatsApp Business lebih bervariasi. Contohnya, deskripsi dari bisnis yang Anda jalankan, lokasi, kategori atau tag bisnis, alamat email, dan website. Ada juga badge yang mengidentifikasikan apakah bisnis Anda telah terverifikasi atau belum.

Apa guna beragam informasi ini? Tentu saja agar konsumen dan calon konsumen bisnis Anda bisa mendapatkan gambaran usaha yang Anda jalankan beserta kemudahan untuk menghubungi bisnis Anda.

Baca juga:

Lebih Banyak Mana, Pengguna Instagram Stories Atau WhatsApp Status?

Serba-serbi WhatsApp Business, Ini yang Harus Anda Ketahui
Fitur Away Message di WhatsApp Business (source: MakeTechEasier.com)

3. Away Messages
Ini dia fitur yang benar-benar pertama kali dihadirkan di WhatsApp. Away Messages berguna untuk memberikan pesan “robot” di kala bisnis Anda telah tutup atau libur. Fitur ini, menariknya, juga bisa di-schedule, sehingga secara otomatis dapat menginformasikan pada pengguna WhatsApp lain dan Anda pun tidak menggantungkan konsumen atau calon konsumen.

Itu dia ciri dan perbedaan mendasar dari WhatsApp biasa dan WhatsApp Business seperti dikutip dari MakeTechEasier (31/10/17). Semoga bisa memberikan gambaran pada Anda sehingga saat WhatsApp Business rilis resmi di sini Anda sudah siap memaksimalkannya.