Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Smartphone Android Pertama Rilis 10 Tahun Lalu, Seperti Apa Wujudnya?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Android kini tercatat sebagai sistem operasi mobile terpopuler sejagat. IDC memperkirakan tahun ini ada 1,2 miliar smartphone Android yang dikapalkan secara global, dengan market share hampir 85 persen. Dominasi OS yang sekarang dibesut Google ini diprediksi bakal bertahan di persentase yang lebih kurang sama empat tahun lagi. Tak terasa, ternyata sudah 10 tahun lalu sejak Android rilis, yakni pada 23 September 2008. Di momen ulang tahun Android sedekade ini, sepertinya kurang lengkap kalau tidak menengok smartphone Android komersial pertama yang lahir. Ya, perangkat itu adalah HTC Dream, atau dikenal pula sebagai T-Mobile G1.

Baca juga:

Nokia 1 Usung Android Oreo Go, Berikut 5 Keunggulannya!

[caption id="attachment_39607" align="alignnone" width="673"]Smartphone Android Pertama Rilis 10 Tahun Lalu, Seperti Apa Wujudnya? HTC Dream (source: HTC)[/caption] Wujudnya memang jauh berbeda dengan ponsel Android kekinian. HTC Dream masih mempertahankan keyboard QWERTY fisik, seakan-akan masih hidup di bawah bayang-bayang BlackBerry yang begitu populer di tahun 2000-an. Posisi papan kunci itu sendiri berada di bawah layar. Jadi, user perlu men-slide layar sentuh 3,2 incinya ke kanan untuk membuka keyboard-nya.

Baca juga:

23 Ribu Perangkat Android Hilang Atau Dicuri Setiap Bulan

Telepon genggam seberat 158 gram ini dibenami RAM 192MB, ROM 256MB plus slot microSD, sensor kamera 3,15MP berfitur autofocus, dan baterai Li-Ion 1.150mAh. Selain bisa beroperasi di jaringan 3G, HTC Dream turut dilengkapi dengan Bluetooth v2.0 dan Wi-Fi 802.11 b/g. Sebagai informasi, versi Android yang diusung HTC Dream adalah Android 1.6 Donut, yang merupakan generasi keempat OS open source itu.

Baca juga:

Fortnite Versi Android Ternyata Punya Celah Keamanan

Saat pertama kali diluncurkan September 2008 silam, Android dan HTC Dream mungkin tak digadang-gadang banyak orang sebagai game-changer di industri smartphone global. Namun kini faktanya, platform yang dikembangkan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White, itu digunakan lebih dari 2 miliar orang sedunia. Akankah Android tetap menjadi OS mobile terdepan lima atau bahkan 50 tahun mendatang? Biarkan waktu saja yang menjawabnya.

SHARE:

Samsung Galaxy A55 5G Hadirkan Fitur Flagship di Ponsel Mid Range, Ini Harganya

Rilis Sebentar Lagi, Ketahui Teknologi Layar Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition Paling Aman Buat Mata