Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Smartphone dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 4 Harganya Makin Mahal
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Qualcomm baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Snapdragon Summit akan berlangsung pada 24-26 Oktober. Acara tersebut akan menampilkan peluncuran chipset Snapdragon 8 Gen 4, yang ditetapkan untuk memberi daya pada smartphone andalan tahun 2025.

Prosesor ini telah menjadi berita utama selama berbulan-bulan, dengan rumor bahwa Snapdragon 8 Gen 4 memiliki harga yang cukup mahal. Artinya, sejumlah ponsel andalan yang akan menggunakan chipset ini juga akan punya harga tinggi.

Baca Juga:
Qualcomm Pastikan Chipset Snapdragon 8 Gen 4 Meluncur di Oktober 2024

Analis industri Ming-Chi Kuo mengungkapkan alasan di balik perkiraan kenaikan harga untuk Snapdragon 8 Gen 4. Menurutnya, chip tersebut akan mengalami kenaikan harga sebesar 25-30% dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3 saat ini, yang berkisar Rp3,3 juta per unit. Ini berarti Snapdragon 8 Gen 4 dapat berharga antara Rp3,9 juta sampai Rp4,2 jutaan.

Alasan utama kenaikan harga ini adalah penggunaan node produksi N3E terbaru dan lebih canggih dari TSMC untuk Snapdragon 8 Gen 4. Meskipun node baru ini akan memberikan peningkatan kinerja, node ini juga memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi.

Baca Juga:
Lenovo Upgrade Sistem Pendingin dan Chipset LA di Seri Laptop Gaming

Kuo memperkirakan permintaan yang kuat untuk Snapdragon 8 Gen 4 karena meningkatnya pasar ponsel pintar kelas atas, terutama yang memiliki fitur AI. Pengiriman chip baru ini diperkirakan akan mengalami peningkatan satu digit lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?