Technologue.id, Jakarta – Perangkat elektronik apapun, biasanya membutuhkan daya dari listrik. Kalaupun tidak selalu menggunakan listrik, terdapat baterai sebagai sumber daya cadangan. Namun smartwatch yang satu ini nampaknya tak membutuhkan keduanya.

TheVerge.com (08/01/2018) mengabarkan kalau sebuah produsen perangkat Internet of Things (IoT) bernama Matrix Industries berhasil menciptakan smartwatch yang bisa mendapatkan daya dari kelebihan panas tubuh penggunanya.

Baca juga:

Robot Ini Bisa Bikin Si Kecil Pintar Sekaligus Senang

- Advertisement -

Layaknya sebuah smartwatch pada umumnya, produk yang bernama PowerWatch X itu juga dilengkapi dengan konektivitas bluetooth sehingga bisa terkoneksi dan berkomunikasi dengan smartphone. Dengan begitu, berbagai notifikasi yang ada pada smartphone pun bisa diterima oleh smartwatch tersebut.

Baca juga:

Samsung Sudah Bisa “Sulap” Tembok Jadi TV!

Perangkat yang dipamerkan di ajang CES 2018 itu kini sudah tersedia secara pre-order seharga US$250 dan akan didistribusikan pada kuartal pertama 2018. Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui apakah PowerWatch X akan dijual secara resmi di Indonesia.

Baca juga:

Flash Drive 1TB Mejeng di CES 2018! Apa Keunikannya?

Selain PowerWatch X, Matrix Industries tengah mencoba untuk memproduksi perangkat IoT ramah lingkungan lainnya yang ditengai oleh tenaga surya dan tenaga kinetik.