Technologue.id, Jakarta – Sejak hadirnya smartphone dengan spesifikasi yang tinggi, banyak produsen smartphone yang juga mengemas produknya sebagai perangkat gaming. Dan secara tidak langsung, hal ini membuat konsol portable seperti PlayStation (PS) Vita kini terancam punah.

Mengutip dari Polygon (02/03/19), Sony dikabarkan baru saja menghentikan produksi PS Vita. Hal tersebut terlihat dari adanya status “discontinued” dari kedua jenis produk PS Vita yang ada pada website resminya.

Baca Juga:
Main PlayStation Classic Pakai Flash Drive, Bisa?

Sebelumnya pada akhir tahun 2018, salah seorang Senior Executive Sony, Hiroyuki Oda sempat mengatakan bahwa akhir tahun 2019 ini akan menandai akhir dari masa produksi dan pendistribusian seluruh versi dari PS Vita. Namun pada saat itu, mereka tak memiliki rencana untuk melakukan tindak lanjut dari rencananya itu.

Bahkan, jauh sebelum itu, Sony sebenarnya sudah ambil ancang-ancang untuk tidak lagi melanjutkan PS Vita. Pasalnya, mereka sempat menghentikan pembuatan game untuk PS Vita pada tahun 2015 lalu. Dan pada tahun 2018 kemarin, menghentikan produksi untuk semua bentuk fisik dari game PS Vita.

Baca Juga:
Bawa Item Eksklusif, PUBG Resmi Tiba PlayStation 4

“Vita sebenarnya hanya tak mampu untuk meraih pangsa pasarnya secara massal. Dan selain itu, pengembangan oleh komunitas juga tak berjalan dengan baik. Dan ini berdampak buruk bagi pasar PS Vita”, kata Shawn Layden, presiden Sony Interactive Entertainment saat diwawancarai Polygon pada tahun 2017 lalu.