Technologue.id, Jakarta – Realme resmi meluncurkan Realme 6 dan Realme 6 Pro di Indonesia. Kedua suksesor dari Realme 5 series ini diperkenalkan dalam sebuah acara yang digelar secara live streaming, Selasa (24/3/2020).

Keduanya digadang menjadi penerus Realme seri angka, karena membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya. Paling kentara terletak pada desain dan konfigurasi kamera. Lalu bagaimana dengan spesifikasi lain kedua ponsel?

Baca Juga:
Tahun 2020, Realme Akan Fokus Jadi 5G Popularizer

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro

Dimulai dari modul kamera, Realme 6 Pro, kamera belakang terdiri dari kamera utama 64 megapiksel dengan sensor 6P lensa, kamera 8 megapiksel ultra wide dengan bidang pandang 119 derajat, telephoto 2 megapiksel (20x zoom), dan lensa makro 2 megapiksel. Beberapa fitur kamera yang dibekalkan adalah Expert mode, AI Scene recognition, Super
Nightscape, Chromaboost, dan HDR.

“Sementara untuk fitur pelengkap di sektor video diantaranya ultra wide angle video dan 120fps slow motion video,” ujar Felix Christian, Product Marketing Manager realme Indonesia.

Realme 6 Pro memiliki dua kamera depan. Masing-masing beresolusi 16 megapiksel dan 8 megapiksel yang didukung oleh fitur HDR dan AI beautification. Modul kamera depan mengusung desain dual punch-hole yang diposisikan di sisi pojok atas.

Berbicara soal layar, Realme 6 Pro memiliki bentang layar 6,6 inci dengan Full HD Plus dengan refresh rate 90 Hz, yang dilapisi pelindung Gorilla Glass 5.

Chipset Snapdragon 720G ditanamkan di jantung perangkat dengan memori RAM hingga 8 GB, dan internal 128 GB. Baterainya berkapasitas 4.300 mAh yang didukung pengisian daya cepat 30W yang diklaim bisa mengisi baterai ponsel hingga 100% dalam waktu sekitar 55 menit.

Untuk software, Realme 6 Pro menjalankan Android 10 yang dilapisi antarmuka Realme UI.

Realme 6 Pro dibanderol dengan harga Rp 4.499.000. Sesi pre order telah digelar mulai dari ini sampai 31 Maret 2020 melalui realme.com dan Blibli.com. Sementara penjualan offline bakal diadakan pada 4 April mendatang.

Untuk warna yang tersedia adalah Lightning Blue dan Lightning Red.

Baca Juga:
Dikepung Corona, Ketersediaan Ponsel Realme Aman

Realme 6


Spesifikasi Realme 6 tentu sedikit lebih rendah dibanding versi “Pro”.

Dari sektor kamera, perbedaannya terletak di kamera telephoto, sementara konfigurasi lainnya masih sama. Baik Realme 6 dan Realme 6 Pro sama-sama dibekali kamera utama 64 megapiksel, kamera ultrawide 8 megapiksel, dan makro 2 megapiksel.

Untuk kamera depannya memiliki resolusi 16 megapiksel yang juga didukung fitur HDR dan AI beautification.

Layar Realme 6 lebih kecil ketimbang versi “Pro” yakni 6,5 inci dengan resolusi HD Plus. Realme 6 juga dilindungi Gorilla Glass di bagian muka, namun bedanya masih versi Gorilla Glass 3.

Untuk dapur pacunya, Realme 6 ditenagai Mediatek Helio G90T dengan fabrikasi 12nm. Dukungan memorinya adalah RAM hingga 4 GB atau 8 GB dan memori internal hingga 128 GB. Beda dengan Realme 5 Pro, Realme 5 .

“Performa Realme 6 sangat unggul di segmen harganya memiliki prosesor paling bertenaga di realme seri number,” kata Felix.

Sama seperti Realme 6 Pro, Realme 6 juga dibekali baterai 4.300 mAh. Begitu juga dengan dukungan pengisian cepat 30W.

Untuk software tidak ada perbedaan dengan versi “Pro”, sama-sama didukung Android 10 yang dilapisi antarmuka Realme UI.

Untuk harganya, Realme 6 dipatok dengan harga Rp 3.399.000 (4GB+128GB) dan Rp 3.799.000 (8GB+128GB). Sesi pre order telah digelar mulai dari ini sampai 31 Maret 2020 melalui realme.com. Sementara penjualan offline bakal diadakan pada 4 April mendatang.

Dikatakan terinspirasi dari Komet, Realme 6 tersedia dalam varian Comet Blue dan Comet White.