Technologue.id, Jakarta – Aplikasi streaming musik Spotify dikabarkan sedang menguji coba fitur Story yang bisa digunakan para Influencer untuk membagikan video pendek. Mirip dengan Story Instagram ataupun WhatsApp, fitur baru ini akan memberi kesan kedekatan sekaligus memberikan informasi kepada para pengikutinya.

Dilansir dari TechCrunch pada Rabu (22/1/2020) seorang juru bicara Spotify mengatakan, “di Spotify kami rutin melakukan sejumlah uji coba untuk memperbaiki pengalaman menggunakan Spotify pengguna kami. Beberapa uji coba tersebut justru membuka pengalaman yang lebih luas kepada pengguna kami.”

Baca Juga:
Justin Bieber Ajak Fans Manipulasi Spotify dan iTunes

Fitur baru ini dapat ditemui di daftar putar (playlist) para influencer, dimana untuk melihat story pengguna harus men-tap ikon melingkar yang ditemukan di atas judul daftar putar. Sama seperti fitur story diplatform lain, story Spotify ini memiliki garis horizontal yang menandakan berapa banyak video yang diupload.

(Sumber: TechCrunch)

Perlu diingat, fitur terbaru Spotify ini hanya bisa dilihat di iOS dan Android, sedangkan untuk Spotify desktop belum bisa. Tapi mungkin kedepannya Spotify akan mempertimbangkannya agar bisa dinikmati penggunanya di desktop. Fitur ini juga untuk saat ini masih gratis, namun bisa berubah dihari nanti.

Salah satu Influencer yang telah menguji fitur baru ini adalah Summer Mckeen. Vlogger fashion YouTube yang memiliki 2,33 juta subscribers, 2,1 juta pengikut Instagram dan 126.455 pengikut Spotify ini telah mengupload beberapa video yang memperkenalkan playlist kesukaannya di fitur terbaru tersebut.

(Sumber: TechCrunch)

Dalam storynya, Mckeen memperkenalkan playlist dengan judul ‘All Times Besties’ yang berisi lagu-lagu kesukaannya sepanjang masa. McKeen dipilih karena dia adalah seseorang yang sering membuat daftar putar yang kemudian dia bagikan kepada para pengikutnya.

Bisa dibilang, McKeen merupakan influencer yang mempunyai banyak pengikut dan melibatkan pengikutnya serta aktif berpengaruh pada spotify. Sebab Spotify menggunakan faktor-faktor tersebut untuk menentukan berhak tidaknya menggunakan fitur story tersebut.

Baca Juga:

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp

Spotify saat ini tidak menyediakan fitur tersebut untuk para artisnya, karena menurut Spotify, mereka lebih membutuhkan alat musik bukan suatu bentuk promosi.

Sebenarnya ini bukan yang pertama bagi Spotify memberikan format cerita, tahun lalu Spotify terlihat menguji produk yang disebut alur cerita yang mirip dengan ‘di belakang lirik’ yang mengizinkan artisnya untuk membagikan informasi terkait lagu tersebut. Namun, hingga kini masih sedikit lagu yang menggunakan fitur tersebut.