Technologue.id, Jakarta – Semakin banyak komunitas umat Muslim yang mengadopsi teknologi untuk melakukan beragam tradisi dengan cara yang lebih modern. Salah satunya dalam menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Survei Facebook menunjukkan bahwa 83% responden setuju bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Mayoritas responden (93%) juga sepakat bahwa perangkat mobile membantu mereka untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga selama bulan suci. 89% responden juga sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadhan.

Baca Juga:
Facebook Jauhi Huawei, Ponsel Terbaru Tak Akan Terinstal Instagram dan Whatsapp

Facebook menunjuk Kantar untuk mengadakan riset kuantitatif online di Indonesia, Turki, Amerika Serikat, Saudi Arabia, Mesir, Pakistan, Inggris, Prancis, dan Nigeria untuk memahami bagaimana orang merayakan bulan Ramadhan dan perubahan aktivitas harian mereka. Riset ini dilakukan pada April 2019 dan melibatkan 951 responden dari Indonesia.

Mayoritas responden dari Indonesia (98%) setuju bahwa Ramadhan adalah momen yang lebih penting dibandingkan perayaan lainnya, dengan 96% responden berpendapat bahwa Ramadhan adalah waktu untuk introspeksi diri dan berkumpul bersama komunitas.

Sejalan dengan fokus dalam hal spiritualitas, survei menunjukkan bahwa Ramadan juga memiliki sisi sosial yang penting – 93% responden setuju bahwa Ramadhan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Hal ini terlihat dari cara masyarakat Indonesia menggunakan media sosial selama Ramadhan.

Sementara itu, 96% dari masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandalkan Facebook Family of Apps selama Ramadhan, dengan 85% responden mengatakan WhatsApp sebagai sosial media favorit mereka. Terhubung dengan kerabat dan keluarga merupakan salah satu alasan utama untuk mengakses layanan Facebook selama Ramadan, diikuti dengan mencari berbagai konten terkait Ramadhan, mulai dari bergabung bersama grup doa di WhatsApp hingga berbagi kutipan religi dan khotbah melalui Messenger.

Baca Juga:
Facebook Stories Dijejali 500 Juta Pengguna Aktif Setiap Hari

Survei ini juga menunjukkan tingkat belanja selama Ramadan yang berfokus pada makanan, pakaian, wisata dan kebutuhan rumah tangga. Tujuh puluh empat persen responden setuju bahwa Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk menikmati makanan favorit, 70% mengatakan ini merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan promo terbaik dan 64% setuju bahwa ini merupakan momen untuk menggunakan busana yang disukai. 84% dari responden mengatakan mereka bepergian selama Ramadan tahun lalu, dan sebagian besar dari mereka melakukannya jauh-jauh hari.

Sepertiga dari responden menghabiskan waktu yang sama atau lebih lama selama bulan Ramadhan untuk mencari barang yang akan dibeli. 63% dari responden mengatakan mereka menggunakan Facebook dan Instagram untuk mencari pakaian dan busana, serta 45% dari mereka yang kerap berwisata menggunakan Facebook dan Instagram untuk merencanakan perjalanan.

Konsumen Muslim sangat terbuka untuk berkomunikasi dengan merek melalui Facebook Family of Apps. Berdasarkan survei, 58% memilih Whatsapp sebagai saluran komunikasi dengan 50% dari mereka terbuka untuk berkomunikasi melalui Instagram, dan 41% terbuka untuk dijangkau melalui Facebook.

“Inti dari momen Ramadhan adalah waktu untuk meningkatkan elemen spiritualitas dan banyak masyarakat Indonesia yang saling terhubung dengan teknologi untuk mendukung ibadah mereka selama bulan suci ini. Momen ini juga memiliki sisi sosial yang penting dan merek memiliki peluang untuk menciptakan koneksi yang lebih berarti dengan target pasar melalui konten yang inspiratif dan relevan,” kata Juru Bicara Facebook.