Technologue.id, Jakarta – Berkat kebolehannya menunjang aktivitas harian penggunanya, mulai dari mengecek cuaca hari ini sampai memesankan taksi online via perintah suara, beberapa orang tak lagi memandang smart speaker sebagai produk tersier semata. Padahal sekitar tiga tahun lalu, speaker pintar belum ada wujudnya.

Kini, keadaannya jauh berbeda. Hampir tiap perusahaan teknologi ternama punya produk speaker pintarnya sendiri. Speaker bikinan OEM itu lantas juga ditunjang oleh asisten virtual yang dikembangkan Google, Siri, Amazon, hingga Microsoft.

Baca juga:

Ini Smart Speaker Pertama LG, Berapaan?

- Advertisement -

Nah, di pasaran saat ini, ada sejumlah produk speaker pintar dengan banderol selangit. Menurut infografis dari Statista berikut berdasarkan harga yang diungkap oleh masing-masing produsen, bukan HomePod dari Apple yang paling mahal, melainkan Google Home Max.

Tiap unit Google Home Max dengan Google Assistant-nya baru bisa ditebus jika Anda menyerahkan mahar Rp5,3 jutaan. Barulah di posisi kedua, speaker pintar pertama Apple bertengger. Ya, HomePod, yang disiapkan rilis ke pasaran 9 Februari mendatang, dibanderol Rp4,7 jutaan. Sementara produk hasil kolaborasi Harman Kardon-Microsoft dijual Rp2,7 juta, sejajar dengan Sonos One yang ditenagai Alexa.

Baca juga:

Speaker Glow in the Dark Bikin Ajeb-ajeb Makin Asoy!

Tahukah Anda, Ini Speaker Pintar Termahal Saat Ini?
Chart smart speaker termahal saat ini di Amerika Serikat (source: Statista)

Dalam grafis tersebut, menarik bagaimana Google melakukan diverensiasi produk. Ketika Google Home Max duduk di posisi pertama speaker termahal, Google Home Mini ada di nomor sembilan dengan harga yang amat terjangkau. Harga speaker berdiameter 10 cm atau seukuran donat itu tak sampai Rp700 ribu. Sedangkan Google Home memosisikan diri di tengah-tengah.

Poin terakhir yang tak kalah menarik untuk dicermati adalah variatifnya produk dari Amazon, yaitu Echo Plus, Echo Dot, dan Echo. Ketiganya hampir berada di kelas yang sama, alias tak memiliki kesenjangan harga yang tinggi.

Baca juga:

Xiaomi Bikin Kloningan Speaker Pintar Amazon, Selisih Berapa Harganya?

Dari deretan produk di atas, adakah yang paling ingin Anda miliki?