Tak Terduga, Aplikasi Sejuta Umat Ini Bisa Hasilkan Foto Bokeh ala DSLR!

Technologue.id, Jakarta – Saat ini, tipikal smartphone yang sedang tren adalah yang dilengkapi dengan dual-camera sehingga mampu menghasilkan foto bokeh yang mirip dengan jepretan kamera profesional. Untungnya, kini ada cara murah dan mudah tanpa perlu berganti gadget.

Yap, belum lama ini, Instagram telah menghadirkan secara resmi sebuah fitur baru dalam Stories-nya. Namanya Focus. Dengan mode ini, Anda bisa menghasilkan konten foto dan video dengan blur yang menawan, kendati kamera Anda mungkin belum bisa mendukung sepenuhnya fitur tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya? Redaksi sudah siapkan tutorial berikut hasil jepretannya sebagai berikut.

Baca juga:

Data di Akun Instagram Bakal Bisa Di-download

1. Buka aplikasi Instagram Anda. Lalu tap ikon kamera di pojok kiri atas tampilan utama.

2. Begitu aplikasi Instagram Anda siap untuk meng-capture foto dan video, sapu layar ke kanan pada opsi efek yang tersedia (di bawah pembidik atau perekam) sampai Anda menemukan mode Focus.

Tak Terduga, Aplikasi Sejuta Umat Ini Bisa Hasilkan Foto Bokeh ala DSLR!

3. Kalau sudah, bidikkan smartphone Anda ke objek yang hendak difoto. Usahakan jarak tidak sampai lebih dari 2 meter agar efek bokeh yang diciptakan bisa maksimal.

Tak Terduga, Aplikasi Sejuta Umat Ini Bisa Hasilkan Foto Bokeh ala DSLR!

Baca juga:

Feed Instagram Jadi Kronologis Lagi (Walau Tak Sepenuhnya)

4. Jika sudah cocok, langsung sentuh tombol pembidik di bagian bawah. Jaga smartphone agar tak goyang dan mengganggu kualitas hasil jepretan. Voila! Smartphone Anda pun bisa hasilkan foto atau video ala kamera DSLR berbekal salah satu media sosial terpopuler di dunia saat ini!

Memang, tak bisa dipungkiri bahwa portrait mode di Instagram Stories ini tak 100 persen sempurna. Masih tampak blur background yang tak sempurna. Mempertimbangkan aspek seperti pencahayaan dan angle pun tetak disarankan demi hasil yang optimal.

Tak Terduga, Aplikasi Sejuta Umat Ini Bisa Hasilkan Foto Bokeh ala DSLR!
Perbadingan hasil foto kamera belakang (kiri) dan kamera depan saat menggunakan mode Focus di Instagram Stories (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)

Baca juga:

Cara Memainkan YouTube Sebagai Background App di Android

Sebagai tambahan, fitur Focus ini tersedia baik untuk kamera belakang maupun depan. Dari percobaan yang redaksi lakukan, bagi sejumlah perangkat, menggunakan fitur Focus saat membidik dengan kamera belakang tak banyak membantu. Akan tetapi, karena kebanyakan smartphone saat ini belum punya autofocus pada kamera depannya, maka fitur Focus ini amat membantu untuk menghasilkan foto portrait.

Apabila aplikasi Instagram Anda saat ini belum mendukung fitur Focus, coba perbarui dulu. Redaksi sendiri menggunakan aplikasi Instagram dalam perangkat Android Nougat dan fitur ini bekerja secara lancar dalam versi 40.0.0.14.95.

Recent Articles

Rayakan 10 Tahun PlayStasion Plus, Sony Gratiskan Tiga Game PS4

Technologue.id, Jakarta - Seiring dengan game NBA terbaru, ada juga seri terbaik di Tomb Raider Reboot Saga, pelanggan PS Plus juga akan...

Lima Senjata Teburuk di Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Tidak semua senjata diciptakan sama di Garena Free Fire. Ada yang lebih baik daripada yang lain. Kali ini, Technologue...

XL Axiata Perkuat Jaringan di Tol Penopang Ibu Kota Baru

Technologue.id, Jakarta - Sebanyak 190 BTS XL Axiata telah beroperasi di Tol Balikpapan – Samarinda (Tol Balsam) yang membentang sejauh 99,35 km....

ASUS ROG Phone 3 Meluncur 22 Juli

Technologue.id, Jakarta - ASUS akhirnya mengkonfirmasi peluncuran ponsel terbaru ROG Phone 3. Ponsel gaming ganerasi teranyar ini akan hadir di tiga negara...

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pascals Wager

Technologue.id, Jakarta - Ketika Pascal's Wager pertama kali diluncurkan di AppStore pada Januari, pengguna Apple disuguhi ARPG 3D yang paling menantang.

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here