Tanpa Ribet, Jendela360 Bisa “Teleportasikan” Anda ke Apartemen Incaran

Tanpa Ribet, Jendela360 Bisa
CEO dan co-founder Jendela360, Kiki Guzali (source: Jendela360)

Technologue.id, Jakarta – Dewasa ini, teknologi memang sudah jadi bagian hidup banyak orang. Jangankan untuk sekadar berkomunikasi antarbenua secara real-time, Anda bahkan seakan bisa berpindah tempat dalam sekejap berkat teknologi virtual reality (VR).

Di sinilah kreatifnya entrepreneur Tanah Air seperti Kiki Guzali. Ketika penggunaan VR secara global saja masih terbatas, ia bersama timnya menginisiasi Jendela360, yakni platform penyewaan apartemen yang menghadirkan foto 360 derajat untuk setiap apartemen yang ditawarkan di sana.

Tanpa Ribet, Jendela360 Bisa "Teleportasikan" Anda ke Apartemen Incaran
Tampilan virtual tour di salah satu apartemen di Jendela360 (source: Jendela360)

Baca juga:

Tombol Bixby di Galaxy S8 dan Note 8 Kini Bisa Dinonaktifkan

Berdiri sedari Juni 2016, startup yang percaya diri dengan konsep virtual tour-nya ini lahir dari pengalaman tak menyenangkan Ade Indra, co-founder Jendela360, yang kesulitan mendapat informasi tentang apartemen incarannya. Bahkan kerap tak akurat dan cenderung semrawut. Sementara Kiki yang telah berprofesi sebagai agen properti pun saat itu belum punya solusi konkret untuk menyelesaikan polemik tersebut.

Startup yang kini beranggotakan 15 orang itu bukanlah marketplace biasa. Jendela360 lebih memosisikan diri sebagai agen properti dengan daya jual foto 360 derajat yang juga diproduksi sendiri oleh tim fotografernya. Praktis, karena keunikannya ini, mereka pun seakan tak punya “musuh”.

Baca juga:

Siapa Saja Sih “Seleb LinkedIn” Ternama di Indonesia?

Tanpa Ribet, Jendela360 Bisa "Teleportasikan" Anda ke Apartemen Incaran
Tampilan situs Jendela360 (source: Jendela360)

“Di Jakarta sendiri, saat ini kami belum menjumpai kompetitor yang benar-benar mirip dengan apa yang kami lakukan di Jendela360. Umumnya, semuanya adalah marketplace atau agen properti tradisional, tapi kami tahu bahwa situs penyewaan properti lainnya mempunyai keunikan tersendiri, seperti Jendela360 dengan foto 360 virtual tour sebagai keunikannya,” jelas Kiki pada redaksi (19/08/17).

Kendati tanpa pesaing, Kiki dan timnya mengaku tak ingin buru-buru memperluas layanannya. Saat ini, mereka masih ingin fokus menghadirkan apartemen-apartemen di ibu kota dalam foto 360 derajat. Ada rencana untuk merambah daerah sekitar Jakarta seperti Tangerang dan Depok. Namun, mereka belum bisa memastikan tanggal mainnya.

Baca juga:

Kesempatan Menarik untuk Anak Muda Indonesia Jadi Profesional Penuh Skill

“Tantangan kami saat ini adalah bagaimana memperkenalkan Jendela360 sebagai agen yang dapat mempercepat dan mempermudah, baik proses pencarian sewa apartemen maupun proses menyewakan apartemen di Jakarta.”

Sejauh ini, startup yang masih beroperasi secara bootstrap ini sudah berhasil memiliki 2.100 listing di website-nya dan meng-cover 185 apartemen di seluruh Jakarta. Adapun rerata omzet mereka per bulannya mencapai Rp2 miliar.