Telegram Down, Ada Apa?

Telegram Down, Ada Apa?
Ilustrasi Telegram (source: Telegram)

Technologue.id, Jakarta – Ketika semakin banyak orang yang bergantung pada aplikasi chatting untuk saling berkomunikasi, maka begitu terjadi error, menjadi wajar kalau banyak netizen yang komplain. Hal ini juga terjadi bagi pengguna Telegram hari ini (20/09/17).

Instant messenger yang sempat diblokir oleh Pemerintah Indonesia itu terpantau redaksi dikeluhkan sejumlah para pengguna Twitter. Warganet dengan akun @vel_v, contohnya, bercuit, “Telegram down, yang kerja pada ribet.”

Baca juga:

5 Bukti Mesranya Para Profesional di Indonesia dengan LinkedIn

Tak cuma terjadi di Tanah Air, user Telegram dari negara jiran pun mengalami hal yang sama. Setidaknya, itulah laporan dari @syahmiibrahim yang mengatakan koneksi Telegram di Malaysia dan Singapura sedang tidak normal. Adapun @kanishkablack bercuit, “#Telegram down from India.”

Baca juga:

Tombol Bixby di Galaxy S8 dan Note 8 Kini Bisa Dinonaktifkan

Lantas, apa yang terjadi? Dari cuitan akun resmi Telegram, kinerja server mereka di Singapura mengalami gangguan gara-gara pemadaman listrik. Pengguna Telegram di Asia pun tak bisa menggunakan aplikasi kompetitor WhatsApp itu seperti biasanya.

Telegram Down, Ada Apa?
Pernyataan resmi dari Telegram terkait adanya gangguan pada servernya (source: Twitter / Telegram)

Baca juga:

3 Kompetitor Berbahaya Moto G5s Plus di Indonesia

Pukul 16.31 WIB, Telegram menyatakan pihaknya terus memperbaiki isu ini. Mereka pun telah menjamin user di Asia sudah bisa memakai Telegram seperti biasa. Namun sejauh pantauan redaksi, cuitan dengan keyword “Telegram down” masih beberapa kali dicuitkan oleh pengguna Twitter.