BusinessTelkom-Singtel Kembangkan Regional Data Center dan Bisnis Broadband

Telkom-Singtel Kembangkan Regional Data Center dan Bisnis Broadband

Technologue.id, Jakarta – Telkom menjajaki kerja sama strategis dengan Singtel, perusahaan telekomunikasi terkemuka di Asia. Inisiatif ini direalisasikan melalui penandatanganan MoU antara Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan CEO Singtel Group, Yuen Kuan Moon disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Kementerian BUMN.

Ada dua nota kesepahaman yang ditandatangani, yaitu kolaborasi untuk pengembangan bisnis data center regional serta integrasi layanan fixed dan mobile broadband, atau yang juga disebut Fixed Mobile Convergence (FMC).

Baca juga:
Telkom Buka Ratusan Lowongan Kerja di 11 Bidang Pekerjaan

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengatakan, Telkom harus mampu mengembangkan kepemimpinan teknologi untuk tidak hanya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di Indonesia, tapi juga ikut mengawal transformasi digital Indonesia. Hal ini membutuhkan berbagai terobosan tidak hanya dalam peningkatan kompetensi digital, tapi juga perubahan bisnis model dengan memanfaatkan kemitraan strategis yang dapat mengakselerasi transformasi perusahaan.

“TelkomGroup saat ini tengah melakukan konsolidasi bisnis data center guna menjawab tantangan transformasi digital ke depan. Regional data center merupakan kelanjutan dari strategi konsolidasi data center ini sekaligus menjadi bukti komitmen untuk menjawab kebutuhan sekaligus menangkap peluang agar dapat membuka jalan perusahaan untuk menjadi global scale data center player,” timpal Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

Dia menambahkan, upaya tersebut membutuhkan kemitraan strategis dengan operator yang telah terbukti memiliki kapabilitas dan reputasi yang mumpuni. Singtel dengan kekuatan dan pengalamannya menjadi salah satu mitra strategis dan tepat bagi Telkom dalam mengembangkan bisnis data center regional ini.

“5G, artificial intelligence dan Internet of Things telah membuka peluang pertumbuhan besar data center, dan menjadi pendorong pertumbuhan utama bagi kami dan tentunya juga TelkomGroup. Kemitraan ini merupakan langkah penting bagi pengembangan platform data center kami melalui sinergi aset, kompetensi, dan network yang dimiliki oleh dua perusahaan pemimpin pasar data center di Indonesia dan Singapura,” tutur uen Kuan Moon

Selain pengembangan bisnis data center, Telkom dan Singtel juga menjajaki kerja sama implementasi integrasi bisnis fixed dan mobile broadband. Integrasi bisnis ini sudah mulai dijalankan Telkom melalui sinergi layanan IndiHome dengan Telkomsel.

Sejalan dengan arahan Kementerian BUMN, integrasi kedua bisnis tersebut akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memperoleh pengalaman digital terbaik dalam menikmati layanan internet dan bundlingnya serta kemudahan-kemudahan lain dari layanan TelkomGroup di mana saja.

Related articles

Samsung Mulai Pamer Teknologi 6G

Technologue.id, Jakarta - Samsung diketahui baru saja memamerkan teknologi...

SKKL Terganggu, Menkominfo Imbau Masyarakat Papua Hemat Data

Technologue.id, Jakarta - Selama pemulihan jaringan Sistem Komunikasi Kabel...

Peluang Bisnis 2022 yang Mau Disamber XL Axiata

Technologue.id, Jakarta - Ada sejumlah peluang positif di Industri...

XL Axiata Panen Trafik Data Warga Mudik Lebaran 2022

Technologue.id, Jakarta - Izin mudik Lebaran 2022 yang diberikan...

Korsel Targetkan Prototipe 6G Sudah Siap di 2026 dan 2030 Komersial

Technologue.id, Jakarta - 5G menjadi medan pertempuran tidak hanya...