Technologue.id, Jakarta – Ajang kompetisi pencarian bakat generasi muda di bidang teknologi digital dari Telkomsel, The NextDev masih terus berlanjut. Bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel mengumumkan 20 finalis The NextDev 2017 yang akan bersaing dalam putaran final.

Keduapuluh finalis yang merupakan startup lokal dari berbagai daerah di Indonesia ini hadir dengan solusi inovatif yang berhasil menyisihkan sekitar 1.700 peserta lainnya yang telah terdaftar dalam kompetisi The NextDev 2017 sejak bulan Juli sampai dengan Oktober 2017.

Baca juga : Bayar Spektrum Baru Rp 1 Triliun, Telkomsel : Masih Murah

“Momen Sumpah Pemuda tahun ini kami gunakan untuk mempertegas kembali tema The NextDev yaitu ‘Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia’. Finalis yang kami umumkan hari ini adalah anak-anak muda Indonesia yang berkarya dan berkreasi memanfaatkan teknologi, guna memberikan dampak sosial positif di tengah-tengah masyarakat,” ujar Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

- Advertisement -

Lebih lanjut Adita menambahkan bahwa di tahun ketiga pelaksanaan The NextDev, terlihat antusiasme yang sangat tinggi dari anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap perubahan yang lebih baik melalui karya yang mereka lahirkan.

Baca juga : Kantongi Spektrum Baru, Kecepatan Telkomsel Dijanjikan Sampai 400 Mbps

Submisi dari peserta kali ini berasal dari beragam lokasi mulai dari kabupaten Aceh Barat, kota Jakarta, hingga kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan dan kota Jayapura. Sebagai penyedia layanan broadband hingga ke pelosok, Telkomsel mengklaim melihat hal ini sebagai sinyal positif bahwa ekosistem digital tumbuh di berbagai lokasi di Indonesia.

Dalam menentukan 20 peserta terbaik, sebelumnya para juri telah melakukan penilaian dari seluruh aplikasi yang masuk, dan mengerucut kepada 100 aplikasi terbaik. Setelah itu dilakukan penilaian berdasarkan lima komponen, yaitu: problem, solution, business model, readiness level dan visualization.

Baca juga :  Pelanggan Telkomsel Kumpul! Siapa Mau Dapat Mobil BMW 320i Sport?

Para finalis yang lolos ke tahap top 20 ini dinilai oleh juri-juri yang merupakan praktisi dan pakar berpengalaman sesuai dengan sub tema yang ditentukan dalam The NextDev 2017, yaitu agrikultur, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Selanjutnya para finalis akan mengikuti kegiatan mini bootcamp pada 19 November 2017, dimana mereka akan memperoleh UI/UX Technical workshop, Go To Market workshop, dan Pitching Investment workshop.

Baca juga : Mau Mengiklankan Bisnis Anda dengan Efektif? Coba Telkomsel MyAds!

Setelah mini bootcamp, para finalis akan mengikuti tahapan seleksi final yaitu Final Pitching di hadapan para juri serta Investor Meet Up dimana mereka akan dipertemukan dan berinteraksi dengan berbagai investor.