Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
TikTok Kepergok Akses Clipboard Pengguna iOS
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi video singkat TikTok dilaporkan mampu mengakses Clipboard di pengguna ponsel iPhone.

Menurut pengakuan pengguna yang baru-baru ini menginstal preview iOS 14 di iPhone, mereka menemukan bahwa TikTok lebih sering mengakses clipboard mereka daripada yang seharusnya. Padahal hal ini mengarah ke masalah privasi.

Aplikasi mobile besutan ByteDance ini pun tidak memerlukan izin pengguna untuk mengaksesnya.

Baca Juga:
Rating Turun, Google Hapus Review Negatif di Tiktok

Untuk informasi, clipboard pada smartphone kita kerap kali berisi informasi penting. Pengguna kerap menyalin informasi yang sangat rahasia seperti password, nomor kartu kredit, alamat rumah, dan hal privasi lainnya. Penggunaan clipboard ini bisa sangat sensitif.

Aplikasi tersebut bahkan dapat mengakses konten yang non-teks seperti foto atau dokumen PDF. Padahal dari aplikasi yang mereka temukan, hanya mengklaim dapat membaca konten teks saja.

Baca Juga:
Ibu Kena Hujat Setelah Posting Lempar Bayi ke Kolam Renang di TikTok

Dalam sebuah pernyataan yang diterima The Telegraph, TikTok berkilah bahwa akses ini dilakukan bukan sebagai pelanggaran terhadap privasi pengguna, tetapi digunakan sebagai fitur anti-spam.

"Untuk TikTok, ini dipicu oleh fitur yang dirancang untuk mengidentifikasi perilaku berulang yang bersifat spam. Kami telah mengirimkan versi aplikasi yang diperbarui ke App Store untuk menghapus fitur anti-spam agar menghilangkan kebingungan," bunyi pernyataan perusahaan, yang dikutip dari Ubergizmo (25/6/2020).

Cukup menarik, ini bukan pertama kalinya TikTok ketahuan mengintip clipboard pengguna. Sebuah laporan di bulan Maret mengungkapkan bahwa banyak aplikasi, salah satunya TikTok, diam-diam mengakses clipboard penggunanya. Saat itu, perusahaan menyatakan bahwa mereka akan mengakhiri praktik pelanggaran privasi tersebut, namun nampaknya janji itu hanya sekedar bualan.

SHARE:

Minus Fitur Peredam Bising, TWS Soundcore K20i Dibanderol Harga Miring

Kominfo Blokir Akun Instagram Perusahaan Kripto Asing