Tips Cari Chat dari User Tertentu di Telegram

Tips Cari Chat dari User Tertentu di Telegram
Ilustrasi Telegram (source: Telegram)

Technologue.id, Jakarta – Walaupun ada WhatsApp, sepertinya netizen juga masih membutuhkan Telegram. Ya, di aplikasi bikinan Pavel Durov itu, ada beberapa fitur yang belum bisa diakomodasi oleh WhatsApp, misalnya jumlah maksimal member dalam grup yang mencapai 1.000 user serta memungkinkan penggunanya untuk mengirim file apa pun.

Baca juga:

Bos Telegram Siap Dukung Kominfo Perangi ISIS

Kini, aplikasi chatting yang bulan lalu diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) itu menyediakan fitur baru, yakni pencarian pesan tertentu dari member spesifik di dalam grup. Bagaimana caranya? Ini dia.

1. Pastikan aplikasi Telegram di handset Anda sudah berada di versi terbaru. Sebab fitur ini sendiri baru tersedia di Telegram versi 4.2.1-2.

2. Masuklah ke grup yang ingin Anda cari chat dari salah seorang penggunanya secara spesifik.

Baca juga:

CEO Telegram Temui Menkominfo, Minta Lepas Blokir?

3. Aktifkan fitur search. Lalu di dalam kotak pencarian yang tersedia, pilih nama user yang hendak dicari history chat-nya. Dari sini saja, Anda sudah bisa mencari semua chat yang dikirimkan seorang user satu per satu di grup tersebut.

Tips Cari Chat dari User Tertentu di Telegram
Tips mencari chat dari user tertentu di Telegram (source: Telegram)

4. Menariknya, pencarian ini juga bisa dikombinasikan dengan kata yang pernah diketikkan oleh user tersebut. Semisal Anda ingin mencari obrolan dengan seorang member grup bernama Budi dengan chat-nya yang mengandung keyword “party”, masukkan nama Budi dan keyword tersebut lalu biarkan sistem mencarinya sampai ketemu.

Baca juga:

Foto dan Video di Telegram Kini bisa Terbuang secara Otomatis

Tips Cari Chat dari User Tertentu di Telegram
Fitur pencarian emoji di Telegram (source: Telegram)

Sekadar informasi, fitur ini juga dihadirkan bersamaan dengan fitur pencarian emoji. Di kolom tempat biasa Anda memasukkan pesan, ketikkan saja simbol “:” tanpa tanda petik, lalu masukkan keyword emoji yang Anda mau. Selamat mencoba!

 

loading...