Technologue.id, Jakarta – Kendati periode promo Windows 10 telah berakhir 31 Desember 2017 lalu, tetapi ada trik untuk tetap bisa melakukan upgrade secara gratis. Microsoft memang sudah tidak melakukan push notifikasi untuk upgrade, tetapi alat untuk upgrade masih bisa diakses di https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10/.

Upgrade Gratis Bagi Pemilik Windows 7, 8 atau 8.1

Bagi yang telah memiliki lisensi resmi penggunaan Windows 7, Windows 8 atau Windows 8.1 pada perangkatnya bisa langsung melakukan upgrade. Upgrade tersebut bisa dilakukan dengan memasukkan kunci aktivasi secara manual bagi yang memiliki nomor seri kunci aktivasi tersebut. Sedangkan pada perangkat dengan lisensi sistem operasi yang menempel pada BIOS, cukup memilih menu upgrade dan serahkan sepenuhnya pada tools.

Baca juga:

Demi Keamanan, Microsoft Imbau Pengguna Windows 7 Migrasi ke Windows 10

Kunci Aktivasi (Endah/Technologue.id)
Kunci Aktivasi (Endah/Technologue.id)

Bagi yang memiliki lisensi Windows dengan certificate of authenticity berupa stiker kecil, maka bisa memasukkan nomor seri yang ada ketika proses upgrade. Keaslian kunci tersebut dikonfirmasi settelah Windows mengontak server aktivasi Microsoft. Setelah keaslian berhasil dikonfirmasi dan Windows 10 berhasil diinstal, maka komputer Anda akan memperoleh digital license.

Sehingga Windows 10 dapat diinstal ulang pada perangkat ini kapan saja, bahkan jika ada penggantian komponen. Hal tersebut dapat dipastikan melalui menu Settings, Update & Security, maka akan terlihat tulisan “Windows is activated with a digital license”.

Digital License (Endah/Technologue.id)
Digital License (Endah/Technologue.id)

Baca juga:

Begini Cara Mendapatkan Windows 10 Anniversary Update

Upgrade Tanpa Aktivasi

Bila dari awal Anda tak pernah memiliki sistem operasi Windows yang asli, maka Anda tetap bisa menginstal Windows 10 dari tools yang diunduh dari situs resmi Microsoft. Namun sistem operasi tersebut akan mengingatkan Anda terus menerus untuk membeli lisensi. Anda bisa mengabaikan hal tersebut dan tetap menggunakan Windows secara normal. Tetapi tentu saja ada batasannya. Anda tak bisa mengubah pilihan pada fungsi personalisasi di Settings.

Peringatan Aktivasi (Endah/Technologue.id)
Peringatan Aktivasi (Endah/Technologue.id)

Panduan untuk menginstal Windows 10 tersebut tentu tak disediakan oleh Microsoft. Tetapi Windows memang dirancang untuk dapat bekerja secara demikian. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Cara Meng-install Windows 10 Tanpa Bloatware