Technologue.id, Jakarta – Jalan-jalan ke luar negeri sudah bukan barang mewah buat sebagian orang. Tetapi, masih ada orang yang ketakutan tak bisa berkomunikasi dengan keluarga maupun koleganya ketika berada di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat maupun negara-negara di Eropa. Nah, Technologue.id mau kasih tips cara pakai roaming XL Axiata di Amerika Serikat.

1. Siapkan perangkat yang mendukung jaringan di sana
Di Negeri Paman Sam, XL bekerjasama dengan operator AT&T yang menggunakan frekuensi 850 Mhz dan 1900Mhz untuk layanan data HSPA sedangkan LTE-nya memakai frekuensi 1900Mhz, 1700 Mhz dan 700. Jadi siapkan ponsel yang bisa jalan di frekuensi itu ya.

Baca juga:

XL Axiata: Konten Video Laris Manis di Liburan Natal 2017

2. Kenali tarif roaming internasional operator
XL Axiata mematok tarif internet Rp 200 ribu per hari, bebas kuota. Sedangkan untuk telpon ke Indonesia RP 45 ribu per menit, nelpon ke negara lain Rp 45 ribu per menit, kirim SMS Rp 10 ribu per sms, ke nomor lokal Rp 15 ribu per menit, menerima panggilan Rp 25 ribu per menit. Mau yang gratis? Terima SMS masih gratis kok.

3. Pastikan pulsa cukup
Supaya bisa menikmati layanan roaming internasional di Amerika Serikat, pengguna diwajibkan punya pulsa minimal Rp 50 ribu di luar tarif layanan yang akan digunakannya. Kalau pulsanya tak cukup maka ponsel yang Anda bawa akan tiba-tiba jadi bisu karena tidak mendapatkan layanan dari operator roaming di Amerika Serikat.

Baca juga:

XL Rampungkan Jaringan Daerah Terpencil Tepat Waktu, Ini Kata Kemkominfo

4. Tak perlu aktivasi
Ini yang cukup menggembirakan, tim Technologue.id yang pakai nomor prabayar gembira banget karena gak perlu repot-repot aktivasi roaming. Begitu sampai di sana, cukup nyalakan ponsel dan aktifkan jaringannya, langsung terhubung kok ke operator lokal di sana asalkan pas di daerah coverage AT&T.

5. Atur jaringan manual
Supaya bisa tetap menikmati layanan sesuai tarif, atur jaringan di posisi manual agar tidak pindah-pindah pada jaringan operator lain yang lebih kuat. Khawatirnya, ponsel kita terhubung ke jaringan milik operator lain yang tidak bekerjasama dengan XL Axiata dan mungkin saja mengenakan tarif khusus.

Baca juga:

XL Luncurkan Program Shopping Points Terbesar

Mau lebih gampang? Coba saja akses aplikasi MyXL karena XL menyediakan informasi lebih lengkap soal roaming internasional.