Technologue.id, Jakarta – Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, terjadi peningkatan traffic layanan pada liburan Natal tahun ini. XL Axiata sudah mengakui hal itu. Selama lima hari, yakni sejak tiga hari sebelum Natal hingga dua hari setelah momen tersebut, terjadi peningkatan lalu lintas data dibandingkan hari biasa sebesar 5 persen.

“Dari pemantauan kami, puncak kenaikan traffic data terjadi sejak malam Natal dan sehari setelahnya. Pelanggan terlihat melakukan akses ke media sosial secara lebih intens. Mungkin pada mengucapkan Selamat Natal, selain secara verbal tertulis, juga dengan melakukan video call,” papar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya pada redaksi (27/12/2017). Persentase puncak kenaikan traffic sendiri pada tanggal 25 Desember menurut Yessie mencapai 9 persen.

Baca juga:

Punya 100 Ribu BTS, XL Axiata Fasilitasi Warga dari Pulau Weh Sampai Jayapura

Penggunaan koneksi internet pelanggan XL ini ternyata diketahui banyak mengalir ke konten video seperti YouTube atau layanan video on-demand semacam Iflix. Para pelanggan XL pun menghabiskan kuotanya di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, di samping mengakses berita di media online, chatting, dan belanja online.

Baca juga:

Kursus Online Bikinan XL Axiata Sudah Tampung 20 Ribu Orang, Enggak Gabung?

Kalau dikomparasikan dengan tahun lalu, layanan data di momen Natal 2017 sudah berselisih amat jauh, tepatnya 146 persen. Adapun daerah dengan lonjakan traffic tertinggi, yaitu Yogyakarta (24 persen). Sementara wilayah dengan komunitas pemeluk Nasrani yang cukup banyak, seperti Sumatera Utara dan Sulawesi, mengalami kenaikan masing-masing 19 persen dan 7 persen.

Baca juga:

Bos Baru Indosat Ternyata Bekas Petinggi XL Axiata!

Sebelumnya, XL menyatakan bahwa bulan ini mereka sudah punya 100 BTS. Sekitar 65 persennya merupakan BTS 3G dan 4G untuk mendukung layanan data. Sementara sisanya adalah BTS 2G.