Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tokopedia Dorong Perkembangan Ekonomi Digital di Jawa Barat
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk mengembangkan pelayanan publik dan ekonomi digital di Jawa Barat. Tujuan kerja sama ini untuk mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dengan melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kerja sama ini dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman antara CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bertempat di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat (20/08/2019).

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Program Loyalitas TokoMember

William Tanuwijaya, CEO dan Co-Founder Tokopedia, mengharapkan akan terwujudnya kolaborasi dalam pelayanan publik dan ekonomi digital bagi masyarakat, secara mudah, cepat dan murah. “Kami ingin berbagai inovasi teknologi dimana Tokopedia dapat berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital di Jawa Barat," ujar William. Kerja sama Tokopedia dan Pemprov Jabar terdiri dari tiga program kerja, yakni Desa Digital, Jabar Digital Province, dan pemberdayaan petani sayur dan buah di Jawa Barat. Desa Digital meliputi promosi potensi unggulan daerah, pemasaran produk hasil program ‘One Village One Company’, penguatan kelembagaan BUMDes dan perluasan akses pemberdayaan masyarakat desa melalui Tokopedia Center.

Baca Juga: Gandeng Alibaba Cloud, Pengalaman Belanja di Tokopedia Jadi Lebih Cepat

[caption id="attachment_52110" align="alignnone" width="636"] Tokopedia Center (Eksklusif / Technologue.id)[/caption] Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman online-to-offline dan tersebar di seluruh Indonesia. Di Jawa Barat misalnya, Tokopedia akan mendirikan Tokopedia Center di Desa Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Menurut William nantinya masyarakat Sukanagara dapat melakukan transaksi secara online-to-offline, membayar tagihan dan pembelian tiket. "Tokopedia Center adalah wujud komitmen kami untuk investasi lebih dalam ke seluruh pelosok tanah air dalam bentuk ruang edukasi sehingga peluang dan kesempatan dunia digital menjadi terjangkau bagi semua masyarakat Indonesia tanpa terkecuali," tambah William. Sementara Jabar Digital Province merupakan kolaborasi dalam digitalisasi layanan publik. Hal ini mencakup bidang pelayanan penerbitan perizinan dan non perizinan secara online, termasuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lewat Tokopedia E-Samsat, serta kemudahan mengakses tiket pariwisata. Di sisi lain, Tokopedia dan Pemprov Jabar juga berkolaborasi dengan Sayurbox untuk lebih memberdayakan petani sayur dan buah di Jawa Barat. Menanggapi kerja sama dengan Tokopedia, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan, “Kami sangat menyambut baik kerja sama dengan Tokopedia untuk memajukan perekonomian di Jawa Barat secara digital. Dengan adanya kerja sama ini kami berharap para pelaku UMKM maupun BUMDes setempat bisa lebih melek teknologi karena kita punya potensi yang luar biasa; apalagi kalau disentuh teknologi, masyarakat Jawa Barat dapat mencapai kemandirian ekonomi sekaligus dapat berkontribusi lebih aktif lagi dalam memajukan perekonomian negara.”

SHARE:

Rencana Nissan di Pasar Otomotif Global, Mau Luncurkan 30 Mobil Baru dalam 3 Tahun

Xbox Cloud Gaming Bakal Dukung Controller dari Mouse dan Keyboard?