Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tokopedia Luncurkan Inovasi Baru Tingkatkan Produktivitas Penjual
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Lonjakan transaksi saat bulan Ramadhan mendorong situs marketplace Tokopedia menggagas sederet inovasi fitur bagi pelanggan dan penjual. Terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai.

"Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi daring di masa seperti ini, kami menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play and kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung,” kata Priscilla Anais, AVP of Product Tokopedia, saat mengadakan konferensi pers virtual, Senin (27/4/2020).

Baca Juga:
Fokus Tokopedia Tangani Pandemi di Kampanye Ramadan Ekstra

Tokopedia melakukan transformasi pada aplikasi khusus penjual demi meningkatkan produktivitas mereka. Ada tiga fitur baru yang diperkenalkan di Tokopedia Seller yaitu Dashboard, Navigasi, dan Quick Reply Chat.

"Aplikasi Tokopedia Seller ini kami tranformasi dengan mengedepankan mobile-first technology di mana kita ingin aplikasi ini menjadi one stop solutions untuk seller. Mereka bisa mengelola toko hanya dengan satu aplikasi," ujar Nadhira Ayuningtyas, Head of Product Seller Platform Tokopedia.

Fitur quick reply chat misalnya, sekarang sudah tersedia dan memungkinkan penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Ada juga weekly summary sales and order, yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi.

Selain itu pada homepage toko. Para penjual kini bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dipersonalisasi.

Baca Juga:
Tokopedia Dukung Difabel Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Sementara itu, pembeli sekarang bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping yang terintegrasi secara lebih mulus. Inovasi di Tokopedia Play ini membuat pembeli dapat berinteraksi dengan para kreator konten, juga langsung membeli produk yang dibutuhkan saat mengikuti live streaming.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Beli Langsung yang mempermudah dan mempercepat proses berbelanja. Kini dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik. Metode pembayaran dan pengiriman di sisi lain dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli.

"Sebelumnya ada banyak langkah yang harus dilalui pengguna untuk membeli barang, dibandingkan dengan fitur terbaru kami yang hanya satu langkah saja. Fitur ini dibuat bukan untuk menggantikan proses checkout reguler tapi ini pilihan lain yang lebih praktis untuk membeli satu produk saja," jelas Deo Nathaniel, Head of Product Purchase Platform Tokopedia.

Tokopedia sekarang terdiri atas lebih dari 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

SHARE:

Tak Cuma Lokal, Hyundai Juga Melempem di Pasar Otomotif Global

Kembali Disusupi, Akun Pengguna Roku Terdampak Lebih Banyak